Senin 11 Jul 2022 03:00 WIB

RPH Kota Bandung Pastikan Tak Ada Hewan Qurban Terindikasi PMK

RPH Kota Bandung telah mewajibkan prosedur pemeriksaan berlapis

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nur Aini
Pemotongan hewan qurban tengah berlangsung di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung. Ahad (10/7/2022).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Pemotongan hewan qurban tengah berlangsung di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung. Ahad (10/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung Diki Sofandi mengatakan, ratusan hewan yang masuk ke RPH Kota Bandung dipastikan terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Dia juga menegaskan bahwa petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung dan RPH Kota Bandung telah mewajibkan prosedur pemeriksaan berlapis untuk menghalau potensi penyebaran PMK. 

“Sejauh ini tidak ada (PMK). Karena kita ada pemeriksaan berlapis, mulai dari wajib SKKH (surat keterangan kesehatan hewan), ante mortem dan post mortem,” ujarnya kepada Republika.co.id, Ahad (10/7/2022).

Baca Juga

Menurutnya, 12 jam sebelum pemotongan, hewan harus melalui pemeriksaan final untuk menentukan kelayakan untuk dipotong. Meski dia tidak menampik adanya hewan yang dinyatakan tidak layak konsumsi, tetapi dia memastikan bahwa hewan itu bukan terindikasi mengidap PMK. Dia mengatakan, dari 20 sapi yang disembelih pada Ahad pagi, ada dua ekor yang masuk kategori tidak layak konsumsi.

“Yang dua tidak layak itu hanya beberapa bagian saja yang tidak layak konsumsi, bagian hati terutama, tapi kalau bagian lain seperti limpa, paru, jantung, apalagi selain jeroan itu aman konsumsi,” ujarnya, menambahkan bahwa kedua sapi tersebut tidak layak karena terkonfirmasi memiliki penyakit cacing hati, bukan PMK. 

Bagian yang tidak layak konsumsi, kata Diki, wajib dibuang dan dipastikan tidak akan dikonsumsi oleh masyarakat. Menurutnya, setiap bagian yang tidak layak konsumsi akan disterilkan menggunakan karbol ataupun kapur dan dimasukkan ke lubang pembuangan. 

“Karena kadang-kadang ada saja yang bandel, kadang kalau kita tidak benar handle-nya, suka diambil dan dicuci, itu yang paling bahaya secara higienitas,” ujar Diki. 

Dia mengatakan, tahun ini, jumlah hewan yang disembelih di RPH Kota Bandung mengalami sedikit penurunan, sekitar 15 persen, dibanding tahun 2021. Jika diakumulasikan, tahun ini RPH Ciroyom maupun Cirangrang hanya menyembelih 199 sapi saja, turun 34 ekor dibanding tahun lalu. 

“Saya kira memang ada penurunan, tapi tidak terlalu (banyak) ya, dari 233 ke 199. Tidak terlalu jauhlah,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement