Senin 11 Jul 2022 15:08 WIB

Muslim Rayakan Idul Adha di Tengah Naiknya Harga Pangan Akibat Perang Ukraina

Banyak Muslim tidak mampu membeli ternak untuk qurban.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Warga Pakistan mencoba menaiki kereta yang penuh sesak saat orang-orang melakukan perjalanan ke kampung halaman dan desa mereka untuk merayakan Idul Adha, atau Hari Raya Kurban, di Lahore, Pakistan, Kamis, 7 Juli 2022. Muslim Rayakan Idul Adha di Tengah Naiknya Harga Pangan Akibat Perang Ukraina
Foto: AP/K.M. Chaudary
Warga Pakistan mencoba menaiki kereta yang penuh sesak saat orang-orang melakukan perjalanan ke kampung halaman dan desa mereka untuk merayakan Idul Adha, atau Hari Raya Kurban, di Lahore, Pakistan, Kamis, 7 Juli 2022. Muslim Rayakan Idul Adha di Tengah Naiknya Harga Pangan Akibat Perang Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KYVIV -- Jutaan Muslim di seluruh dunia telah merayakan Idul Adha, salah satu hari raya terbesar dalam kalender Islam, yang bertepatan dengan ritual terakhir haji tahunan di Arab Saudi.

 

Baca Juga

Di beberapa negara, termasuk Afghanistan, Iran, dan negara-negara Asia Tengah, Idul Adha diperingati pada 9 Juli. Namun di bagian lain dunia, termasuk Pakistan dan Indonesia, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, hari raya tersebut jatuh pada 10 Juli.

 

Banyak Muslim merayakan hari raya empat hari dengan menyembelih ternak secara ritual dan membagikan daging di antara kerabat, tetangga, dan orang miskin. Dikenal sebagai Pesta Pengorbanan, ini adalah acara yang menggembirakan dengan makanan yang menjadi ciri khasnya. Tetapi ketika perang Rusia di Ukraina membuat harga pangan melonjak di seluruh dunia, banyak orang mengatakan mereka tidak mampu membeli ternak untuk ritual pengorbanan.

 

Di Afghanistan, biasanya ada keramaian belanja hewan menjelang Idul Adha. Tapi tahun ini, kenaikan harga pangan global dan kehancuran ekonomi sejak pengambilalihan Taliban telah menempatkannya di luar jangkauan banyak orang Afghanistan.

 

Di Ukraina timur, puluhan Muslim Ukraina berkumpul pada 9 Juli untuk merayakan Idul Adha di masjid di Kostyantynivka, masjid operasional terakhir yang tersisa di wilayah yang dikuasai Ukraina di wilayah Donbas.

 

Jamaah itu sebagian besar terdiri dari tentara atau petugas medis tempur dari unit yang berbeda: Tatar Krimea dan mualaf Ukraina dari Kharkiv, Kyiv, dan Ukraina barat. Hanya beberapa penduduk lokal yang hadir, karena perang telah memaksa banyak orang untuk mengungsi ke wilayah barat negara itu.

 

Muslim membentuk hampir 1 persen dari populasi di Ukraina, yang didominasi Kristen Ortodoks. Dilansir Radio Free Europe, Ahad (10/7/2022) dalam khutbahnya setelah sholat Idul Fitri tradisional di masjid di Kostyantynivk, mufti Said Ismahilov meminta jamaah untuk mengingat umat Islam yang tinggal di wilayah pendudukan, di mana banyak yang kehilangan rumah dan di mana beberapa masjid dihancurkan oleh penembakan.

Ismahilov mengatakan Muslim di wilayah pendudukan tidak merasa aman. "Ada banyak ketakutan. Perang berlanjut dan kami tidak tahu apa yang terjadi di wilayah pendudukan dan situasi Muslim di sana."

 

Hampir 1 juta Muslim dari seluruh dunia tiba minggu ini di kota suci Makkah di Arab Saudi, ziarah terbesar sejak pandemi Covid-19 membatalkan acara tersebut. Pada 9 Juli, peziarah melakukan rajam simbolis setan. Ini adalah salah satu rangkaian ritual yang terkait dengan Nabi Muhammad dan nabi Ibrahim dan Ismail, atau Ibrahim dan Ismail dalam Alkitab, yang dilakukan selama haji setiap tahun. Semua Muslim yang mampu secara fisik dan finansial untuk menyelesaikan perjalanan spiritual, diwajibkan untuk melakukan haji setidaknya sekali dalam hidup mereka.

 

https://www.rferl.org/a/muslims-eid-al-adha-food-prices/31936939.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement