Senin 11 Jul 2022 21:49 WIB

Kemenkes Minta Rumah Sakit Antisipasi Kenaikan Covid-19

Kemenkes minta rumah sakit siapkan tempat tidur 10-30 persen untuk pasien Covid-19.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta rumah sakit (RS) untuk menyiapkan ketersediaan tempat tidur 10-30 persen dari kapasitas untuk pasien Covid-19.
Foto: Pixabay
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta rumah sakit (RS) untuk menyiapkan ketersediaan tempat tidur 10-30 persen dari kapasitas untuk pasien Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta rumah sakit (RS) untuk menyiapkan ketersediaan tempat tidur 10-30 persen dari kapasitas untuk pasien Covid-19. Langkah itu guna mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

"Menteri Kesehatan sudah membuat edaran agar seluruh rumah sakit menyiapkan kapasitas 10 sampai 30 persen dari tempat tidurnya untuk dipakai pasien," kata Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril dalam bincang-bincang siaran sehat Antisipasi Puncak Kasus Covid-19 yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Baca Juga

Ia menambahkan pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat isolasi mandiri seperti di Wisma Atlet dan beberapa tempat yang dikelola pemerintah daerah. "Jadi kewaspadaan kita betul-betul diingatkan, kesiapan kita yang pertama kita sudah menyiapkan tempat-tempat isolasi mandiri," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, pemerintah juga telah menyiapkan obat-obatan serta alat pelindung diri (APD) guna mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19. "Obat-obatan Insya Allah cukup maupun alat pelindung diri juga disiapkan," katanya.

Syahril meminta pemerintah daerah melalui dinas kesehatan untuk gencar melakukan pemeriksaan atau pelacakan agar kasus positif Covid-19 dapat diketahui secara riil. "Berapa pasien yang positif agar kita bisa isolasi, karena dengan isolasi dia tidak akan menulari orang lain," katanya.

Ia menyebutkan, terdapat tiga provinsi yang sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. "Jadi 'warning' kepada tiga aglomerasi ini, menjadi catatan kita harus super ketat dan betul-betul kita meningkatkan kewaspadaan bersama," kata Syahri.

Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami tambahan sebanyak 1.681 orang pada Senin. Dengan demikian, jumlah keseluruhan mencapai 6.112.986 orang hingga saat ini.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, DKI Jakarta menyumbang tambahan kasus positif Covid-19 terbanyak, yakni 812 orang.Kemudian, diikuti dengan Jawa Barat (306), Banten (249), Jawa Timur (98), Bali (74), dan Jawa Tengah (31).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement