Rabu 13 Jul 2022 07:01 WIB

Studi: SARS-CoV-2 Dapat Bertahan Hidup pada Daging yang Sudah Dibekukan Selama 30 Hari

Virus penyebab Covid-19 dapat bertahan di suhu beku.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Daging beku (Ilustrasi). Peneliti menemukan SARS-CoV-2 masih bertahan hidup di suhu beku.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Daging beku (Ilustrasi). Peneliti menemukan SARS-CoV-2 masih bertahan hidup di suhu beku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi mengungkapkan SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, dapat bertahan hidup pada produk daging di lemari es atau freezer hingga 30 hari. Temuan tersebut dipublikasikan di Applied and Environmental Microbiology, sebuah jurnal dari American Society for Microbiology.

"Penelitian dilakukan dengan menggunakan daging ayam, sapi, babi dan salmon serta melibatkan virus pengganti yang punya spike mirip dengan SARS-CoV-2," kata peneliti Emily S Bailey, dikutip dari News Medical pada Selasa (12/7/2022).

Baca Juga

Para peneliti menyimpan produk di kulkas dengan suhu 4 derajat Celsius dan freezer dengan suhu -20 derajat Celsius. Meskipun mungkin tidak ada yang menyimpan daging di lemari es selama 30 hari, orang mungkin membekukannya di dalam freezer selama itu.

"Kami bahkan menemukan bahwa virus masih dapat dibiakkan setelah dibekukan selama itu," ujar Bailey.

Para peneliti melakukan penelitian ini setelah mengetahui bahwa wabah Covid-19 terjadi di Asia Tenggara tanpa adanya transmisi komunitas sebelumnya.  Laporan dari komunitas tersebut menunjukkan bahwa produk daging kemasan, yang diproduksi di daerah di mana SARS-CoV-2 beredar, bisa menjadi sumber virus.

"Tujuan kami adalah untuk menyelidiki apakah virus serupa dapat bertahan hidup di kulkas/freezer atau tidak," ujar dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَّثَلُ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۗ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاۤءُ وَالضَّرَّاۤءُ وَزُلْزِلُوْا حَتّٰى يَقُوْلَ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ مَتٰى نَصْرُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ نَصْرَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ
Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

(QS. Al-Baqarah ayat 214)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement