Rabu 13 Jul 2022 00:52 WIB

Pemkab Karawang Minta Pengelola Pesantren Jaga Nama Baik

Forum Pondok Pesantren Karawang diharap jadi garda terdepan tangkal degradasi moral.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Pemkab Karawang berharap pembina dan pimpinan pondok pesantren mampu menjaga dan membangun nama baik pondok pesantren.
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi. Pemkab Karawang berharap pembina dan pimpinan pondok pesantren mampu menjaga dan membangun nama baik pondok pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berharap pembina dan pimpinan pondok pesantren mampu menjaga dan membangun nama baik pondok pesantren. Apalagi saat ini, marak stigma negatif tentang pesantren.

"Kami menaruh harapan besar pada pondok pesantren untuk pembangunan pendidikan di Karawang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Acep Jamhuridi sela acara Musyawarah Daerah Ke-1 Forum Pondok Pesantren Karawang di Karawang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga

Ia berharap keberadaan Forum Pondok Pesantren Karawang bisa menjadi garda terdepan menangkal degradasi moral, termasuk rusaknya generasi muda akibat modernisasi dan perkembangan teknologi. Menurut dia, tantangan yang dihadapi pondok pesantren dari masa ke masa meskipun dalam kapasitas yang berbeda akan tetapi sama beratnya.

Ia menyinggung kasus-kasus aktual yang kerap menyudutkan dan memberi stigma negatif terhadap pondok pesantren dan atributnya. Kendati demikian, ia percaya pondok pesantren dengan nilai-nilai yang ditanamkan mampu meredam berbagai hal negatif.

"Kami juga menaruh harapan kepada para pembina dan pimpinan pondok pesantren di Karawang untuk dapat menjaga dan membangun 'image' dan nama baik pondok pesantren," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement