Rabu 13 Jul 2022 21:09 WIB

Ketum PBNU Apresiasi Khutbah Syekh al-Isaa di Padang Arafah

Ketum PBNU Gus Yahya menilai khutbah Syekh Isa suarakan Islam damai

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sekteraris Jenderal Liga Muslim Dunia  Syaikh Muhammad al-Issa (tengah), menerima secara resmi kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Yahya Cholil Tsaquf, beserta Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Chaumas, Rabu (13/07/2022).
Foto: istimewa/doc humas
Sekteraris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad al-Issa (tengah), menerima secara resmi kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Yahya Cholil Tsaquf, beserta Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Chaumas, Rabu (13/07/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Tsaquf atau Gus Yahya, mengungkapkan apresiasinya khutbah yang disampaikan Sekteraris Jenderal Liga Muslim Dunia (Rabithah Alam aIslami), Syekh Muhammad al-Issa di Arafah, Makkah.

Dalam rilis resmi PBNU berbahasa Arab yang diunggah dalam akun twitter @YahyaCStaquf disebutkan bahwa PBNU mengapresiasi isi khutbah yang disampaikan Syekh al-Issa pada prosesi ibadah haji di Arafat.

Baca Juga

Gus Yahya mengungkapkan bahwa isi khutbah Syekh Muhammad al-Issa mencerminkan spirit Islam yang universal dan rahmatan lil alamin, berisi nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan yang saat ini benar-benar sangat diperlukan untuk diterapkan umat manusia secara umum.

“Apresiasi kami kepada Yang Mulia Syekh Dr. Muhammad bin Abdul-Karim Al-Issa, Sekjen Liga Muslim Dunia,” dikutip dari akun @YahyaCStaquf, Rabu (13/7/2022).

Gus Yahya bersama adiknya yang menjabat sebagai Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Chaumas juga sempat bersilaturrahim ke Kantor Liga Muslim Dunia yang terletak di kawasan Jedda Road, Makkah al-Mukarramah pada Selasa (12/7). Keduanya disambut Syekh Muhammad al-Issa beserta jajaran pengurus Liga Dunia Muslim lainnya.

Sebagaimana dirilis akun resmi twitter Liga Muslim Dunia (@MWLOrg) pada Rabu (13/7), pihak Syekh Muhammad al-Issa menyambut baik kunjungan dari pihak Ketua Umum PBNU dan rombongan.

Nahdlatul Ulama disebut sebagai mitra Liga Muslim Dunia, dalam kapasitasnya sebagai organisasi keislaman yang besar dan penting, yang beranggotakan lebih dari seratus dua puluh juta orang.

Sementara itu, pihak rombongan PBNU dan Menteri Agama RI mengungkapkan rasa syukur, terima kasih dan ungkapan selamatnya kepada Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi dan juga Liga Muslim Dunia, atas kesuksesan terselenggaranya prosesi ibadah haji tahun ini dengan baik. Demikian sebagaimana ditulis oleh akun twitter Liga Muslim Dunia.

Dalam pertemuan hangat antartokoh besar dunia Islam tersebut disepakati juga beberapa rencana program rencana kerja sama antara Liga Muslim Dunia dengan PBNU. Salah satunya adalah dukungan penuh yang diberikan pihak Syekh Muhammad al-Issa dan Liga Dunia Muslim atas rencana diselenggarakannya pertemuan R-20 di Bali pada November mendatang.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement