Rabu 13 Jul 2022 21:11 WIB

Puluhan Rumah di Buol Sulawesi Tengah Terendam Banjir

Banjir terjadi di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, akibat hujan deras.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Nora Azizah
Sebanyak 38 rumah warga terendam banjir di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (12/7/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sebanyak 38 rumah warga terendam banjir di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (12/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 38 rumah warga terendam banjir di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (12/7/2022). Peristiwa yang melanda pukul 13.29 WITA itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi hingga meluap ke pemukiman warga.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menghimpun laporan dari BPBD setempat, tercatat banjir melanda Desa Bongo dan Desa Bokat 4 yang terletak di Kecamatan Bokat. Sebanyak 38 KK / 74 jiwa terdampak dengan ketinggian banjir setinggi 100 sentimeter.

Baca Juga

"BPBD Kabupaten Buol segera tiba di lokasi guna melakukan pendataan dan penanganan darurat. Pantauan visual dilapangan, kondisi banjir kini sudah surut dan para warga membersihkan rumah dari material yang terbawa saat terjadi banjir,"kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu (13/7/2022).

Merujuk informasi peringatan dini dari BMKG esok hari (14/7) untuk wilayah Sulawesi Tenggara berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada malam dan dinihari meliputi Kota Palu, Sigi, Donggala, PArimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

BNPB mengimbau masyarakat dan perangkat daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Masyarakat dan perangkat daerah setempat dapat melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan dengan membersihkan area aliran sungai dari beragam material yang menghambat aliran air, memantau peningkatan debit air ketika hujan berdurasi lama serta mengikuti instruksi otoritas daerah setempat dalam upaya tanggap darurat banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement