Rabu 13 Jul 2022 22:33 WIB

Leeds United Tertarik Tampung Juan Mata

Mata berpotensi menjadi rekrutan ketujuh Leeds pada jendela transfer musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan gelandang Manchester United (MU) Juan Mata. Leeds United tertarik meminang Juan Mata pada bursa transfer musim panas 2022 ini.
Foto: EPA-EFE/Cath Ivill
Mantan gelandang Manchester United (MU) Juan Mata. Leeds United tertarik meminang Juan Mata pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Leeds United dilaporkan telah memulai negosiasi dengan gelandang serang asal Spanyol, Juan Mata. Gelandang serang berusia 34 tahun itu resmi berstatus free agent atau pemain tanpa klub usai kontraknya bersama Manchester United habis pada akhir bulan lalu.

Terhitung sejak 31 Juni 2022, Mata sudah tidak memiliki klub. Sempat disebut-sebut diminati oleh sejumlah klub asal Turki dan Arab Saudi, alumni tim junior Real Madrid itu akhirnya mendapatkan tawaran secara formal dari Leeds United.

Baca Juga

Direktur Olahraga Leeds United, Victor Orta, dikabarkan sudah melakukan pertemuan dengan ayah sekaligus agen Juan Mata, Juan Mata Sr.

''Orta telah melakukan kontak dengan ayah Juan Mata soal kemungkinan perekrutan pemain tersebut. Meski negosiasi berjalan lambat, tapi prosesnya berada di trek yang tepat. Kedua belah pihak berharap kepindahan Mata ke Leeds United bisa terlaksana,'' tulis laporan Diario AS, Rabu (13/7/2022).

Kabarnya, salah satu kendala terbesar dalam negosiasi tersebut adalah soal besaran gaji dan durasi kontrak. Manajemen Leeds dikabarkan masih keberatan dengan gaji Mata, yang disebut-sebut mencapai 100 ribu poundsterling per pekan. Besaran gaji ini dinilai masih terlalu tinggi buat pemain yang sudah melewati masa keemasannya.

Pada musim terakhirnya bersama Man United, tepatnya pada musim lalu, Mata tercatat hanya tampil di 12 laga di semua ajang. Total, selama sembilan musim memperkuat Iblis Merah, eks gelandang serang Chelsea itu menyumbang 51 gol dan 47 assist dari 285 penampilan di semua ajang.

Satu trofi Piala FA, satu gelar juara Piala Liga Inggris, dan satu titel Liga Europa menjadi persembahkan Mata selama memperkuat Iblis Merah. Menyusul berakhirnya kontrak bersama Man United, Mata sempat disebut-sebut menarik minat dua klub asal Turki, Galatasaray dan Besiktas. Pun dengan ketertarikan dari klub asal Arab Saudi, Al Hilal.

Dengan proses negosiasi yang tengah berlangsung, Mata berpotensi menjadi rekrutan ketujuh Leeds pada jendela transfer musim panas kali ini. Sebelumnya, the Whites telah resmi mendatangkan Luis Sinisterra, Tyler Adams, Marc Roca, Brenden Aaronson, Rasmus Kristensen, dan Darko Gyabi.

Kendati begitu, peringkat ke-17 Liga Primer Inggris musim lalu tersebut telah kehilangan dua penggawa andalannya. Setelah resmi melepas Kalvin Phillips ke Manchester City, Leeds juga telah mengumumkan kesepakatan kepindahan Raphinha ke Barcelona.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement