Kamis 14 Jul 2022 00:27 WIB

Akhir Juli, Hujan Meteor akan Hiasi Langit Malam 

Dua hujan meteor terjadi di langit selatan sehingga cocok diamati dari Indonesia.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids akan terjadi pada akhir Juli mendatang.
Foto: Reuters
Ilustrasi. Fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids akan terjadi pada akhir Juli mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, pada akhir Juli mendatang, akan terjadi fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids. Dua hujan meteor itu terjadi di langit selatan sehingga cocok diamati dari Indonesia. 

"Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30-31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan," ujar Thomas lewat siaran pers, Rabu (13/7/2022). 

Baca Juga

Thomas mengatakan, diperkirakan ada sekitar lima meteor per jam yang akan tampak melintas di langit. Hujan meteor tersebut berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi.

Dia menjelaskan, debu-debu komet yang berukuran kecil kecil memasuki atmosfer bumi lalu terbakar menampakkan seperti bintang jatuh. "Walau jumlah meteornya sedikit, kadang-kadang hujan meteor ini menampakkan meteor terang dari sisa-sisa komet yang berukuran lebih besar,” jelas dia. 

Sementara Hujan meteor Delta Aquariids dapat diamati pada 29-30 Juli mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan. “Hujan meteor ini menampilkan belasan meteor per jam. Debu-debu komet 96P/Machholz diduga menjadi sumber hujan meteor ini,” kata dia. 

Thomas menambahkan, gabungan dua hujan meteor di langit selatan menjadi daya tarik bagi pengamat langit di Indonesia. Diharapkan kondisi kemarau dan tanpa gangguan cahaya bulan ini membuat pengamatan hujan meteor lebih menarik. 

Menurut dia, lokasi pengamatan yang dapat dipilih adalah lokasi yang minim gangguan cahaya lampu dan medan pandang ke langit selatan tidak terganggu pohon atau bangunan. Pengamatan meteor lebih baik tanpa alat, karena mata mempunyai medan pandang yang lebih luas. 

“Berbahayakah hujan meteor ini? Sama sekali tidak berbahaya. Debu-debu sisa komet habis terbakar pada ketinggian di atas 80 km,” jelas dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement