Kamis 14 Jul 2022 13:56 WIB

Tak Gandeng Rusia, Eropa Sukses Luncurkan Roket Vega-C

Vega-C sangat penting bagi akses berkelanjutan Eropa ke luar angkasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Roket Antariksa/Ilustrasi
Foto: VOA
Roket Antariksa/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eropa telah memberikan sukses melakukan debut untuk roket Vega-C baru. Kendaraan medium-lift dikirim dari Guyana Prancis untuk mengirimkan tujuh satelit ke orbit. Satelit yang terbesar akan menguji teori relativitas umum Albert Einstein.

Vega-C sangat penting bagi akses berkelanjutan Eropa ke luar angkasa. Roket ini diperlukan untuk mengisi kesenjangan besar dalam kemampuan sekarang karena roket Rusia tidak lagi tersedia sebab perang di Ukraina.

Baca Juga

Penarikan dari pasar peluncur Soyuz Moskow awal tahun ini membuat satelit institusional dan komersial Eropa berebut untuk wahana alternatif.

Dilansir dari BBC, Kamis (14/7/2022), Vega-C akan menjadi pilihan yang jelas bagi banyak orang. Bahkan sebelum penerbangan perdana yang sukses pada Rabu (13/7/2022), sistem roket baru yang dipimpin Italia telah dipesan penuh hingga 2023,2024, dan 2025.

Ada alasan lebih lanjut mengapa masuknya Vega-C ke dalam bisnis peluncur sangat penting. Tahap pertama, segmen kendaraan yang mengangkatnya dari tanah, juga akan digunakan pada roket angkat berat Eropa yang akan datang, Ariane 6.

Berbagi teknologi panggung di kedua sistem peluncur diharapkan menghasilkan penghematan biaya yang signifikan. “Permintaan peluncuran di Eropa dalam beberapa tahun ke depan dan seterusnya akan tinggi, dan Vega-C dan Ariane-6 akan menjadi pekerja keras kami,” kata Josef Aschbacher, direktur jenderal Badan Antariksa Eropa.

“Anda harus melihat penerbangan perdana ini sebagai peluncuran pertama dari generasi baru roket Eropa, awal dari penguatan peran Eropa dalam transportasi ruang angkasa,” Giorgio Saccoccia, presiden Badan Antariksa Italia, mengatakan kepada BBC News.

Vega-C adalah peningkatan dari kendaraan Vega lama yang diperkenalkan pada 2012. Peningkatan tersebut membawa kinerja yang lebih baik. Para perancangnya berharap perubahan roket akan menambah fleksibilitas juga, untuk memenuhi beragam tuntutan operator satelit saat ini.

Vega-C akan memiliki kemampuan untuk menerbangkan misi muatan tunggal yang besar, serta apa yang disebut misi berbagi tumpangan di mana puluhan satelit kecil ditempatkan sekaligus. Peran lain Vega-C adalah membawa pesawat ulang-alik robot mini Eropa ke orbit. Space Rider akan melakukan eksperimen ilmiah dan mengembalikannya ke Bumi. Tamasya pertamanya kemungkinan pada tahun 2024.

Baik Vega sebelumnya dan Vega-C menggunakan mesin tingkat atas buatan Ukraina. Ini telah menjadi topik banyak diskusi karena perang di negara Eropa timur. Kekhawatirannya adalah apakah konflik tersebut dapat mengganggu pasokan motor RD-843 ini, yang diproduksi oleh Yuzhmash, produsen kedirgantaraan milik negara Ukraina.

Tapi Avio, perusahaan Italia yang bertanggung jawab untuk merakit kendaraan Vega, mengatakan sudah cukup untuk jangka pendek. Untuk jangka panjang, alternatif Eropa Barat sedang dikembangkan.

Ukraina, selain bergabung dengan Uni Eropa, juga ingin menjadi anggota Badan Antariksa Eropa. Salah satu kontribusi utamanya adalah teknologi mesin.

“Prosesnya sudah dimulai. Butuh waktu sekitar 10 tahun untuk melalui semua tahapan hingga menjadi anggota penuh,” jelas Dr Aschbacher.

Peluncuran Rabu (13/7/2022) menempatkan tujuh satelit di orbit, termasuk muatan Lares-2 (Laser Relativity Satellite-2). Terlihat seperti bola disko, itu akan dilacak dengan sangat tepat oleh laser dari tanah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement