Kamis 14 Jul 2022 17:15 WIB

Masjid Birmingham Distribusikan Ratusan Paket Sembako untuk Keluarga Miskin

Meningkatnya biaya hidup telah membebani Musim di Birmingham.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Foto diambil pada Jumat (24/4). Seorang relawan dengan mengenakan pakaian pelindung dan masker berjalan melalui parkir mobil Masjid Jamia Tengah Ghamkol Sharif, Birmingham, Inggris. Masjid Birmingham Distribusikan Ratusan Paket Sembako untuk Keluarga Miskin
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Foto diambil pada Jumat (24/4). Seorang relawan dengan mengenakan pakaian pelindung dan masker berjalan melalui parkir mobil Masjid Jamia Tengah Ghamkol Sharif, Birmingham, Inggris. Masjid Birmingham Distribusikan Ratusan Paket Sembako untuk Keluarga Miskin

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Masjid di Kota Birmingham, Inggris, Al Falaah akan mengirimkan hampir 300 paket sembako kepada keluarga yang berjuang di seluruh wilayah itu, sebagai bagian dari program Hari Raya Idul Adha. Charity Islamic Relief UK juga mengaku akan mendukung masjid Handsworth Wood melakukan program serupa. 

 

Baca Juga

Karena Idul Adha berlangsung selama tiga hari dan dimulai pada hari ke 10 Dzulhijjah, umat Islam didorong menyumbangkan daging qurban kepada mereka yang membutuhkan dan berbagi di antara tetangga mereka. Sekitar 270 parsel akan dibagikan sebagai bagian dari inisiatif ini.

Paket rencananya akan didistribusikan ke tempat penampungan makanan tunawisma, pengungsi, penyintas kekerasan dalam rumah tangga dan sekolah sepanjang minggu ini. Bantuan ini juga akan berisi es, pasta, tepung, minyak, gula, garam, tuna kaleng, tomat, sayuran, dan makanan lainnya.

 

Masjid telah melihat sumbangan publik anjlok dalam satu tahun sebesar 35 persen karena biaya hidup yang berdampak pada kemampuan membantu orang melalui bank makanan. Tampaknya juga permintaan bantuan meningkat sebanyak 100 orang setiap akhir pekan dibandingkan dua bulan lalu.

 

"Meningkatnya biaya hidup telah membebani komunitas kami ke tingkat kekurangan yang drastis," kata Sekretaris Jenderal Masjid Al Falaah, Adil Parkar, dilansir dari Birmingham Mail, Rabu (13/7/2022), 

“Kami, sebagai pemangku kepentingan yang bertanggung jawab, mendesak pemerintah kami untuk berkomitmen membantu keluarga yang berjuang dengan tanggapan mendesak untuk menutup kesenjangan kemiskinan ekstrem ini. Kami berterima kasih kepada mitra kami Islamic Relief UK yang membantu kami mendistribusikan dukungan yang sangat dibutuhkan ini kepada keluarga yang tidak dapat menyediakan makanan di meja mereka," tambahnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ مِمَّا ذَرَاَ مِنَ الْحَرْثِ وَالْاَنْعَامِ نَصِيْبًا فَقَالُوْا هٰذَا لِلّٰهِ بِزَعْمِهِمْ وَهٰذَا لِشُرَكَاۤىِٕنَاۚ فَمَا كَانَ لِشُرَكَاۤىِٕهِمْ فَلَا يَصِلُ اِلَى اللّٰهِ ۚوَمَا كَانَ لِلّٰهِ فَهُوَ يَصِلُ اِلٰى شُرَكَاۤىِٕهِمْۗ سَاۤءَ مَا يَحْكُمُوْنَ
Dan mereka menyediakan sebagian hasil tanaman dan hewan (bagian) untuk Allah sambil berkata menurut persangkaan mereka, “Ini untuk Allah dan yang ini untuk berhala-berhala kami.” Bagian yang untuk berhala-berhala mereka tidak akan sampai kepada Allah, dan bagian yang untuk Allah akan sampai kepada berhala-berhala mereka. Sangat buruk ketetapan mereka itu.

(QS. Al-An'am ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement