Jumat 15 Jul 2022 21:04 WIB

Dospulkam IPB Berikan Penguatan Pendidikan Lingkungan pada MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo

MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo  dalam proses pengajuan Sekolah Adiwiyata Nasional. 

Red: Irwan Kelana
Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) IPB University memberikan penguatan pendidikan lingkungan pada MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo, Jawa Tengah.
Foto: Dok IPB University
Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) IPB University memberikan penguatan pendidikan lingkungan pada MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Ada hal baru dalam pengabdian kepada masyarakat IPB University tahun 2022 ini, yaitu Program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam). Melalui program ini, para dosen diharapkan pulang kampung sekaligus melakukan pengabdian, sehingga masyarakat dapat mendapatkan manfaatnya.

Salah satu bentuk pengabdian itu dilakukan dengan penguatan pendidikan lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 1 Program Khusus (PK) Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Dospulkam ini diketuai oleh Dr Siti Badriyah Rushayati dengan anggota Dr Rachmad Hermawan dan Ir Lin Nuriah Ginoga  MSi.

Dr Siti Badriyah mengatakan, saat ini, MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo sedang dalam proses pengajuan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.  Sehingga,  pengabdian kepada masyarakat diarahkan pada penguatan pendidikan lingkungan yang mencakup penguatan materi maupun praktik.

Dalam kegiatan itu, tim Dospulkam IPB University memberikan pemaparan materi mengenai lingkungan hidup, praktik pengolahan limbah kertas menjadi kertas daur ulang, penyusunan modul yang dibutuhkan oleh sekolah, serta penyerahan media pembelajaran berupa poster, eco fun game dan satu set alat daur ulang kertas.

“Diharapkan media pembelajaran serta modul tersebut dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sehingga akan membantu para guru dan siswa dalam penerapan sekolah berwawasan lingkungan. Beberapa media pembelajaran tersebut merupakan output penelitian tentang pendidikan lingkungan para dosen yang sudah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia,” kata Dr Siti Badriyah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/7/2022).

Kepala MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo, Abdul Rahman Burhani  SPd mengapresiasi kegiatan Dospulkam ini. Ia berharap kegiatan ini berlanjut agar dapat mendampingi sekolah dalam menerapkan program-program lingkungan.

Dalam kesempatan ini turut hadir  perwakilan dari Kantor Kementerian Agama, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah Kecamatan Sukoharjo dan pengurus Muhammadiyah lainnya, 60 siswa kelas V dan 29 guru. Dalam acara tersebut juga hadir perwakilan guru serta kepala sekolah MI Muhammadiyah Sonorejo yang bersiap untuk mengikuti jejak MI Muhammadiyah 1 PK Sukoharjo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement