Sabtu 16 Jul 2022 00:05 WIB

Fajar/Rian Pastikan Sejarah All Indonesian Semifinal Singapore Open 2022

Hendra/Ahsan bakal ditantang Leo/Daniel, sementara Fajar/Rian dijajal Sabar/Reza.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.
Foto: AP/Vincent Thian
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegembiraan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto begitu berlipat ganda. Tak hanya memenangi pertandingan babak perempat final, tetapi keberhasilannya itu sekaligus mampu mengukir sejarah besar sektor ganda putra Indonesia di turnamen bulu tangkis Singapore Open 2022.

Berkat kemenangan atas wakil tuan rumah, Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean, 16-21, 21-15, dan 21-15 dalam durasi 52 menit, Fajar/Rian memastikan maju ke semifinal. Tak hanya itu, keberhasilannya tersebut juga menciptakan sejarah, yaitu terjadinya partai all Indonesian semifinal di ganda putra.

Baca Juga

"Alhamdulillah pastinya bersyukur, bisa memastikan terjadinya all Indonesia semifinal. Artinya mau siapa pun juaranya, dia tetap membawa nama Indonesia," kata Rian kepada Tim Humas dan Media PP PBSI usai bertanding di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Jumat (15/7/2022) malam.

Mengomentari jalannya pertandingan, Rian menyebut laga berjalan tidak mudah. Perlu perjuangan ekstra-keras untuk merebut tiket ke semifinal.

"Dalam pertandingan tadi, lawan bermain luar biasa. Terutama di bola-bola depannya, mereka lebih berani menurunkan bola dan kami banyak tertekan di gim pertama," ujar Rian.

Dengan keberhasilan Fajar/Rian tersebut, berarti empat tempat di babak semifinal turnamen BWF World Tour Super 500 ini, seluruhnya dikuasai wakil Merah-Putih.

Sebelumnya, tiga pasangan ganda putra Indonesia sudah terlebih dahulu lolos ke babak empat besar. Dimulai Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang sukses mengalahkan MP Arjun/Dhruv Kapila asal India, 10-21, 21-18, 21-17.

Berikutnya, pasangan mantan skuad Pelatnas Cipayung yang kini tampil sebagai profesional, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani juga maju ke semifinal usai menekuk Lu Ching Yao/Yang Po Han dari Chinese Taipei, 21-16, 21-17.

Satu wakil lagi, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga lolos ke semifinal. Pasangan berjulukan the Babbies itu menang 21-14, 17-21, 21-11 atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong asal Cina.

Di partai semifinal yang digelar Sabtu (16/7/2022), Hendra/Ahsan bakal ditantang Leo/Daniel. Sementara Fajar/Rian dijajal Sabar/Reza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement