Sabtu 16 Jul 2022 14:18 WIB

Dampak Sinergi Lembaga terhadap Sistem Keuangan di Era Pandemi

OJK mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Rep: Vicky Rachman (swa.co.id)/ Red: Vicky Rachman (swa.co.id)
Dewan Komisioner OJK berdialog dengan Presiden Joko Widodo di Istana Meredeka, Jakarta, pada 13 Juli 2022. (Foto : OJK)
Dewan Komisioner OJK berdialog dengan Presiden Joko Widodo di Istana Meredeka, Jakarta, pada 13 Juli 2022. (Foto : OJK)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapresiasi kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengeluarkan kebijakan strategis khususnya selama menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso tatkala Jajaran Dewan Komisioner OJK  berjumpa Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada pertengahan pekan ini.  Dalam kesempatan itu, Wimboh menyebutkan instruksi Presiden dalam penanganan Covid-19 adalah melakukan vaksinasi dan mendistribusikan vaksin dengan cepat, sehingga masyarakat bisa tidak terkendala dengan adanya Covid-19 yang melanda di 2020 itu.

Wimboh menyebutkan dalam dua tahun terakhir, dunia termasuk Indonesia menghadapi kondisi luar biasa yang tidak diprediksi sebelumnya. Pemerintah saat itu, menurut Wimboh, mampu menangani pandemi Covid-19 dengan baik sehingga kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai.  “(Masyarakat) bisa melakukan aktivitas kembali sebagaimana ditunjukkan bahwa ekonomi kita sudah mencapai 5,1% di kuartal I/2022 secara year on year kemarin,” ucap Wimboh dalam pernyataan tertulisnya itu.

Selain itu, Wimboh juga menyampaikan bahwa stabilitas sistem keuangan serta pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 tersebut dapat dicapai karena adanya sinergi kebijakan antara kementerian dan lembaga sebagaimana arahan Presiden. “Kami juga melakukan sinergi yang baik antara kebijakan fiskal dengan Menteri Keuangan, kebijakan moneter dengan Bank Indonesia yang bisa memberikan satu orkestra kebijakan yang mempunyai dampak positif kepada stabilitas sistem keuangan Indonesia,” tambahnya.

Untuk diketahui, masa jabatan anggota Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022 akan berakhir pada tahun ini. Wimboh berharap anggota Dewan Komisioner berikutnya dapat terus menjaga stabilitas sistem keuangan yang telah berhasil dilakukan OJK selama satu dasawarsa ini.

Pengucapan Sumpah Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027 akan dilakukan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung pada 20 Juli 2022.

Audit BPK

OJK kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan  OJK Tahun 2021. Opini WTP ini merupakan yang kesembilan kalinya secara berturut-turut sejak Laporan Keuangan OJK pertama kali terbit pada tahun 2013.

Penyampaian opini WTP tersebut termuat dalam surat BPK RI yang ditandatangani Anggota II BPK, Daniel Lumban Tobing, kepada Ketua Dewan Komisioner OJK yang diterima beberapa waktu yang lalu.

OJK menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPK atas dukungan dan bimbingan dalam membangun sistem pengendalian internal dan governance di OJK sejak awal pendirian OJK hingga saat ini.

Berbagai hal telah dilakukan OJK dalam mewujudkan visinya menjadi lembaga yang kredibel melalui perbaikan kebijakan di berbagai bidang antara lain dengan meningkatkan efektivitas organisasi, memperbaiki sistem manajemen keuangan yang terintegrasi, membangun sistem manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen aset, sistem procurement yang akuntabel dan berkualitas, serta beberapa sistem lainnya yang akan terus disempurnakan.

OJK berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan proses bisnis dan meningkatkan Tata Kelola Keuangan yang lebih baik. Program penguatan Tata Kelola, telah dan akan terus dilakukan OJK sebagai bentuk komitmen kami kepada masyarakat untuk terus meningkatkan integritas dan akuntabilitas yang terkait dengan pengelolaan keuangan di OJK.

Swa.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement