Ahad 17 Jul 2022 05:38 WIB

Didukung Maju Capres, Anwar Sadad Beberkan Sejarah Panjang Prabowo dengan NU

Didukung Maju Capres, Anwar Sadad Beberkan Sejarah Panjang Prabowo dengan NU

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
Didukung Maju Capres, Anwar Sadad Beberkan Sejarah Panjang Prabowo dengan NU
Didukung Maju Capres, Anwar Sadad Beberkan Sejarah Panjang Prabowo dengan NU

Surabaya - Makin hari, dukungan warga Nahdlatul Ulama (NU) terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju di Pemilihan Presiden 2024 semakin tinggi. Setidaknya menurut hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara. Bukan tanpa alasan, itu terjadi karena jejak hubungan Prabowo dengan kultur NU sebetulnya sudah terjalin sejak lama.

Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad mengungkapkan, jejak hubungan kultural Prabowo dengan NU bisa dilihat. Misalnya, dari kedekatan keluarga Soemitro Djojohadikusumo (ayah Prabowo) dan mertuanya, Soeharto, dengan salah satu tokoh sentral NU, KH As’ad Syamsul Arifin dari Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo. Jalinan itu tetap bertahan hingga sekarang, tergambar pada kedekatan Prabowo dengan KH Kholil As’ad, salah satu putra dari KH As’ad Syamsul Arifin.

"Kedekatan Pak Prabowo dengan Kiai Kholil As'ad itu sudah diawali dengan kedekatan Kiai As'ad Syamsul Arifin dengan keluarga Pak Cum (Soemitro Djojohadikusumo, red) dan kelurga Pak Harto,” ujar Gus Sadad, sapaan akrabnya, Sabtu (16/7/2022).

Begitu pula kedekatan keluarga Menteri Pertahanan RI itu dengan keluarga Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, yang juga cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asy’ari.

"Demikian pula kedekatan dengan keluarga Gus Dur di Tebuireng, Jombang, malah lebih lama. Karena sudah ada persahabatan antara Ibunda Gus Dur dengan Eyang Putri Pak Prabowo, yaitu Bu Margono,” imbuh Wakil Ketua DPRD Jatim itu.

Semasa muda saat masih aktif di militer, Prabowo juga kerap bersilaturrahim dengan para kiai. Di antaranya dengan Mbah Jalil Mustaqim Tulungagung dan kiai-kiai di Ploso, Kediri.

"Jadi pada dasarnya sudah ada koneksi yang bersifat tradisional antara Pak Prabowo dengan Nahdliyin,” tandas Sadad yang merupakan keluarga Ponpes Sidogiri, Pasuruan.

Menurutnya, komunikasi yang dibangun Prabowo dengan warga NU selama ini bersifat alami, apa adanya, jauh dari kesan sebagai trik untuk menarik perhatian atau gimik. Hal itu Sadad rasakan dalam beberapa kali mendampingi Prabowo sowan ke kiai-kiai NU.

"Dalam beberapa kali kesempatan mendampingi beliau dalam kunjungannya ke kiai-kiai NU di Jatim, saya menyaksikan bahwa sudah ada koneksi kultural yang terbangun sejak lama,” imbuh yang masuk dalam Bursa Bacagub Jatim 2024 itu.

Alumnus Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu juga mengaku tak heran bila makin lama dukungan Nahdliyin kepada Prabowo kian banyak.

"Peristiwa kemarin di Palembang saat menghadiri pembukaan Kongres Fatayat NU memperkuat kesan tersebut. Tampak kuat sekali vibes-nya,” kata Sadad.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan bahwa warga NU memberi dukungan kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Menurut dia, dukungan mengalir setelah terbentuk koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Partai Gerindra dengan PKB.

"Berdasarkan analisis hasil survei yang dilakukan LSN dengan menggunakan metode cross-tabulation, sebanyak 41,5 persen responden yang mengaku warga atau simpatisan NU akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan hari ini," ucapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطٰنُ اَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَاِنِّيْ جَارٌ لَّكُمْۚ فَلَمَّا تَرَاۤءَتِ الْفِئَتٰنِ نَكَصَ عَلٰى عَقِبَيْهِ وَقَالَ اِنِّيْ بَرِيْۤءٌ مِّنْكُمْ اِنِّيْٓ اَرٰى مَا لَا تَرَوْنَ اِنِّيْٓ اَخَافُ اللّٰهَ ۗوَاللّٰهُ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, “Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kamu pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.” Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang seraya berkata, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu; aku dapat melihat apa yang kamu tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Allah sangat keras siksa-Nya.

(QS. Al-Anfal ayat 48)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement