Selasa 19 Jul 2022 11:19 WIB

Ibu Negara Ukraina Lakukan Serangkaian Kunjungan ke AS

Zelenska memulai kunjungannya bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska berjalan keluar dari Departemen Luar Negeri, Senin, 18 Juli 2022 di Washington, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam pertemuan tertutup.
Foto: AP Photo/Patrick Semansky
Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska berjalan keluar dari Departemen Luar Negeri, Senin, 18 Juli 2022 di Washington, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam pertemuan tertutup.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ibu negara Ukraina, Olena Zelenska memulai kunjungannya di Amerika Serikat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Senin (18/7/2022). Bendera Ukraina biru dan bendera Amerika berkibar secara berdampingan di Pennsylvania Avenue saat Zelenska menuju acara pertamanya di Amerika Serikat.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan, menteri luar negeri meyakinkan Zelenska tentang komitmen Amerika Serikat terhadap Ukraina. Blinken juga memuji Zelenska untuk keterlibatannya membantu warga Ukraina menangani trauma dan kerusakan lain akibat perang.

Baca Juga

Zelenska juga bertemu Kepala Badan Pembangunan Internasional AS, Samantha Power. Badan tersebut telah memberikan bantuan senilai miliaran dolar untuk mendukung Pemerintah Ukraina dan kebutuhan kemanusiaan. Badan itu bekerja untuk mengurangi kekurangan pangan global yang diperparah oleh perang Rusia.

Kedatangan sederhana tersebut mencerminkan, Zelenska tidak bepergian sebagai perwakilan resmi pemerintahan Ukraina. Zelenska merupakan lulusan arsitektur di perguruan tinggi tetapi bekerja sebagai penulis naskah komedi. Salah satunya, dia menulis naskah komedi untuk Volodymyr Zelenskyy, yang merupakan seorang komedian di sebuah acara televisi populer sebelum memenangkan kursi kepresidenan pada 2019.

Pada awal invasi Rusia di Ukraina, Zelenska bersama dua anaknya menghilang dari hadapan publik. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Times bulan ini, dia menggambarkan bahwa perang memaksanya untuk berlindung karena alasan keamanan sejak jam-jam pertama pengeboman Rusia.  

Zelenska muncul dari tempat persembunyian pada 8 Mei untuk menyambut kedatangan Ibu Negara AS, Jill Biden, yang melakukan kunjungan secara mendadak ke Ukraina barat. Kedua ibu negara bertemu di sebuah sekolah. Mereka berpelukan, berbicara, dan bergabung dengan anak-anak sekolah membuat kertas tisu beruang sebagai hadiah untuk Hari Ibu.

Zelenska telah mengambil profil publik yang lebih tinggi sejak pertemuan itu. Termasuk melakukan lebih banyak wawancara dengan surat kabar tentang perjuangan Ukraina dan proyek-proyeknya selama konflik. Dia telah mempromosikan konseling bagi jutaan orang Ukraina yang mengalami kesedihan dan trauma akibat perang.

Zelenska dijadwalkan bertemu Jill Biden di Gedung Putih pada Selasa (19/7/2022). Zelenska juga akan berbicara di auditorium kongres di Capitol pada Rabu (20/7/2022).  

Sebelumnya, Presiden Zelenskyy menerima tepuk tangan meriah dari anggota kongres ketika menyampaikan pidato video kepada anggota parlemen di auditorium yang sama sebelum perang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement