Selasa 19 Jul 2022 13:30 WIB

Masjid dan Gereja di North West Sediakan Tempat Berlindung dari Panas Ekstrem

Saat ini, Inggris tengah bersiap menghadapi suhu ekstrem.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Cuaca ekstrem (ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Cuaca ekstrem (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONGSIGHT -- Gereja dan masjid di Barat Laut, Inggris, membuka pintu mereka bagi masyarakat sekitar di tengah cuaca panas yang ekstrem. Rumah ibadah ini berupaya menyediakan tempat perlindungan yang sejuk bagi orang-orang, untuk menghindari gelombang panas.

Saat ini, Inggris tengah bersiap menghadapi suhu ekstrem. Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengeluarkan peringatan kesehatan panas level 4, sementara Met Office mengeluarkan peringatan panas ekstrem merah pertamanya. Kedua peringatan tersebut berlaku mulai Senin (18/7/2022) kemarin hingga Rabu, 20 Juli 2022.

Baca Juga

Gereja St Mary di Worsley memanfaatkan tempat ibadahnya yang biasanya dingin, untuk keuntungan mereka. Pengurus gereja menawarkan orang-orang dari agama apa pun kesempatan untuk bersantai di sana.

"Jika gereja Anda terbuka, pergilah ke sana. Karena bangunan dengan langit-langit tinggi dan dinding tebal ini tetap sejuk," kata salah satu masyarakat, dikutip di ITV, Selasa (19/7/2022).

Sementara itu, Masjid Makki Masjid di Longsight, Manchester, juga menyambut orang-orang ke dalam ruang ber-AC mereka untuk beristirahat dari panas. Mereka juga menawarkan air minum kemasan gratis pada Senin dan Selasa, dari jam 1 siang sampai jam 10 malam di area khusus shalat pria dan wanita, untuk menikmati waktu jauh dari suhu yang terik.

"Menjadi salah satu pusat komunitas kami di sini, kami melihatnya sebagai tanggung jawab untuk menjaga tetangga. Islam mendorong, menekankan dan menempatkan pentingnya menjaga tetangga, terutama di masa-masa sulit seperti itu," kata seorang juru bicara masjid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement