Selasa 19 Jul 2022 13:30 WIB

Masjid dan Gereja di North West Jadi Tempat Berlindung dari Gelombang Panas Ekstrem

Masjid menyambut semua orang dari gelombang panas ekstrem tanpa melihat agama mereka.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid dan Gereja di North West Jadi Tempat Berlindung dari Gelombang Panas Ekstrem
Foto: EPA-EFE/J.J. GUILLEN
Masjid dan Gereja di North West Jadi Tempat Berlindung dari Gelombang Panas Ekstrem

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Badan Keamanan Kesehatan Inggris dan Badan Meteorologi dan Cuaca Inggris, Met Office mengeluarkan peringatan status darurat karena panas ekstrem. Menanggapi peringatan merah ini, masjid dan gereja di Barat Laut telah membuka pintu mereka bagi masyarakat untuk berteduh.

Masjid Makki di Longsight, Manchester menyambut orang-orang ke dalam ruang ber-AC untuk beristirahat dari terik matahari. Mereka juga menawarkan air minum kemasan gratis setiap Senin dan Selasa, dari pukul 13.00 siang sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Baca Juga

Area pria dan wanita akan dipisah agar mereka dapat menikmati waktu beristirahat lebih lama dari suhu yang terik. Masjid menyambut semua orang tanpa melihat apa agama mereka.

“Menjadi pusat komunitas kami di sini di Longsight, kami melihatnya sebagai tanggung jawab kami untuk menjaga tetangga kami. Islam mendorong dan menempatkan pentingnya dan penekanan besar dalam menjaga tetangga, terutama di masa-masa sulit seperti itu,” kata seorang juru bicara dari masjid.

 

Baik masjid maupun gereja telah menyediakan tempat perlindungan yang sejuk bagi orang-orang untuk menghindari terik panas matahari. "Jika gereja Anda terbuka, pergilah ke sana. Karena bangunan dengan langit-langit tinggi dan dinding tebal ini akan tetap sejuk,” kata seorang penduduk setempat dilansir dari ITV, Selasa (19/7/2022).

 

 

 

Suhu di North West sudah panas sejak Senin (18/7/2022) begitu juga dengan Nantwich, di Cheshire yang mencapai 37 derajat Celsius. Layanan darurat telah mengeluarkan saran keamanan air setelah bocah 16 tahun kehilangan nyawanya pada akhir pekan, setelah mencoba mendinginkan diri di Salford Quays.

 

Namun, terlepas dari peringatan, air dingin di tempat yang sama terbukti terlalu menggoda bagi sebagian orang sehingga banyak yang melompat ke dermaga. Inspektur Detektif Joanne Johnston dari Kepolisian Greater Manchester mengatakan telah mengingatkan masyarakat agar tidak tergoda untuk mendinginkan diri di waduk, sungai, kanal, atau kolam.

 

"Kita semua ingin menikmati cuaca hangat, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang aman. Pikirkan keluarga Anda, perhatikan teman-teman Anda,” kata Johnston.

 

Sementara itu, ada gangguan besar pada perjalanan karena panas, dengan jalur trem Bury di Greater Manchester dihentikan karena kerusakan pada saluran udara. Seorang juru bicara dari MetroLink mengatakan tiket dan tiket masuk diterima di layanan bus 97, 98, 135, dan 524.

 

Penumpang kereta api di wilayah tersebut disarankan membuat rencana terlebih dahulu, dengan kondisi yang diperkirakan akan berdampak pada perjalanan selama gelombang panas. Penumpang didesak untuk secara teratur memeriksa Pertanyaan Kereta Api Nasional sebelum mereka memulai perjalanan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement