Selasa 19 Jul 2022 19:04 WIB

BPKH Gandeng Rumah Zakat Salurkan Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

Rumah Zakat menyalurkan hewan kurban ke daerah terpencil dan terdampak bencana

Red: Christiyaningsih
Rumah Zakat menyalurkan hewan kurban ke daerah terpencil dan terdampak bencana.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat menyalurkan hewan kurban ke daerah terpencil dan terdampak bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 2.843 hewan kurban berupa kambing dan domba disalurkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui program kemaslatahan Berkah Kurban 1443 H tahun ini. Untuk mendistribusikan hewan kurban tersebut, BPKH bekerja sama dengan sejumlah mitra kemaslahatan salah satunya Rumah Zakat.

Brand Activations Head Rumah Zakat Usman Priatna mengatakan hewan kurban tersebut akan didistribusikan Rumah Zakat ke sejumlah daerah di Indonesia seperti Jawa Barat, NTT (Nusa Tenggara Timur), Sumatra Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan Banten. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat Indonesia, salah satunya yang tinggal di daerah terpencil dan terdampak bencana.

Baca Juga

Untuk memastikan hewan kurban sehat dan aman, proses kurban pun dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu dilakukan agar hewan kurban bebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini tengah merebak.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu mengucapkan terima kasih kepada sejumlah mitra kemaslahatan yang saling berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan kurban ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mitra kemaslahatan yang telah berkontribusi dalam pendistribusian hewan kurban. Semoga hewan kurban yang didistribusikan dapat bermanfaat hingga ke penjuru negeri. Berkah kurban ini bukan menggunakan dana setoran awal jamaah tapi menggunakan nilai manfaat hasil pengelolaan Dana Abadi Umat. Menurut UU No 34 tahun 2014 bahwa seluruh nilai manfaat akan dikembalikan kepada umat di seluruh Indonesia dalam kegiatan kemaslahatan” terang Anggito Abimanyu, Kamis (14/7/2022).

Anggota Badan Pelaksana Bidang kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH Rahmat Hidayat berharap program kemasalahtan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Pada momentum Idul Adha yang berbahagia ini alhamdulillah BPKH dapat menyalurkan hewan kurban ke seluruh Indonesia melalui 10 mitra kemaslahatan. Semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta mendapatkan barokah dan ridho Allah SWT,” ucapnya.

Selain bisa memberikan kemaslatahan bagi masyarakat, program berkah kurban diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang saat ini tinggal di lokasi lokasi terpencil dan terdampak bencana.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْشَاَ جَنّٰتٍ مَّعْرُوْشٰتٍ وَّغَيْرَ مَعْرُوْشٰتٍ وَّالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا اُكُلُهٗ وَالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ كُلُوْا مِنْ ثَمَرِهٖٓ اِذَآ اَثْمَرَ وَاٰتُوْا حَقَّهٗ يَوْمَ حَصَادِهٖۖ وَلَا تُسْرِفُوْا ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَۙ
Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,

(QS. Al-An'am ayat 141)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement