Selasa 19 Jul 2022 22:35 WIB

Kusuma Kemindo Berencana IPO, Targetkan Raih Dana Rp 58,5 Miliar

Kusuma Kemindo berencana melepas 27,27 persen saham dari modal yang ditempatkan

Rep: Novita Intan / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Seorang pria melintasi layar digital pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Anak usaha PT Catur Sentosa Adiprana Tbk yakni PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk akan menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak-banyaknya 450 juta saham dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Adapun jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak-banyaknya 27,27 persen  dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perusahaan setelah IPO.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Seorang pria melintasi layar digital pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Anak usaha PT Catur Sentosa Adiprana Tbk yakni PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk akan menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak-banyaknya 450 juta saham dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Adapun jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak-banyaknya 27,27 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perusahaan setelah IPO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Catur Sentosa Adiprana Tbk yakni PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk akan menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak-banyaknya 450 juta saham dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Adapun jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak-banyaknya 27,27 persen  dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perusahaan setelah IPO.

Berdasarkan keterbukaan informasi perusahaan, Selasa (19/7/2022) Kusuma Kemindo Sentosa membuka harga penawaran IPO kisaran Rp 100-130, sehingga dana yang bisa diraih dari aksi korporasi ini sebanyak-banyaknya Rp 58,5 miliar. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Perusahaan juga melaksanakan program employee stock allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 2,5 persen dari jumlah yang ditawarkan dalam penawaran umum atau sebanyak-banyaknya 11,25 juta saham.

Adapun 51 persen saham Kusuma Kemindo Sentosa dipegang oleh PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, PT Budi Lestari Sentosa 14 persen, Retno Widyati Harsono 3,36 persen, Felicia Wiendrati Harsono 3,32 persen, Kundy Wijaya 10 persen, Sri Lanty Totong lima persen, dan Kiki Rusmin Sadrach 13,32 persen.

Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum perdana saham ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, sekitar 95 persen akan digunakan modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis perusahaan dengan rincian dan sekitar lima persen akan digunakan untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi perseroan, termasuk digitalisasi sistem IT untuk sales, delivery, inventory, dan logistik.

PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk didirikan pada 1990 di Jakarta. Aktif sebagai importir, stockist & distribusi bahan kimia commodity dan specialty, makanan, bahan kimia konstruksi, dan bahan terkait. Perusahaan menjalankan usaha bidang perdagangan besar bahan dan barang kimia dasar, perdagangan besar berbagai macam material bangunan dan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya perusahaan melihat peluang bisnis yang menjanjikan dalam bidang bahan-bahan kimia untuk keperluan industri maupun keperluan rumah tangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement