Rabu 20 Jul 2022 11:15 WIB

PSG Gagas Pertukaran Neymar dengan Bernardo Silva, Ini Respons Manchester City

PSG ditengarai sudah muak dengan Neymar.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain sepak bola Paris Saint-Germain Neymar berbicara selama konferensi pers di Tokyo Ahad, 17 Juli 2022. Paris Saint-Germain berada di Jepang untuk tur pra-musim mereka dan akan memainkan tiga pertandingan persahabatan melawan tim Liga J1.(AP Photo/Shuji Kajiyama)
Foto: AP/Shuji Kajiyama
Pemain sepak bola Paris Saint-Germain Neymar berbicara selama konferensi pers di Tokyo Ahad, 17 Juli 2022. Paris Saint-Germain berada di Jepang untuk tur pra-musim mereka dan akan memainkan tiga pertandingan persahabatan melawan tim Liga J1.(AP Photo/Shuji Kajiyama)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint Germain (PSG) diklaim telah melakukan pendekatan kepada Manchester City dalam beberapa pekan terakhir. Dalam pendekatan tersebut, PSG disebut-sebut telah menawarkan perekrutan Neymar oleh The Citizens, termasuk adanya kemungkinan pertukaran dengan Bernardo Silva. Namun, gagasan PSG soal pertukaran Neymar dan Silva ditolak mentah-mentah The Citizens. 

''Tidak ada kesepakatan antara City dengan PSG terkait kemungkinan tersebut. City lebih memilih fokus mendatangkan pemain yang lebih muda ketimbang Neymar, yang telah menginjak usia 30 tahun,'' tulis laporan Le Parisien seperti dilansir The Sun, Rabu (30/7/2022). 

Baca Juga

Pada jendela transfer musim panas kali ini, The Citizens mendatangkan tiga pemain anyar, Erling Haaland, Kalvin Phillips, dan Julian Alvarez. Dua dari tiga pemain tersebut, tepatnya Haaland dan Alvarez, diketahui belum genap berusia 24 tahun. Sedangkan Phillips sudah menginjak usia 26 tahun. Tidak hanya soal kebijakan di bursa transfer, City juga enggan melepas Silva sebagai bagian dari kepindahan Neymar. 

Pelatih City, Pep Guardiola, dikabarkan bertekad mempertahankan gelandang serang asal Portugal tersebut. PSG bukanlah klub pertama yang dikabarkan tertarik memboyong Silva. Sebelumnya, pada pertengahan musim lalu, Barcelona disebut-sebut berminat merekrut gelandang serang berusia 27 tahun tersebut. 

Kendati begitu, semua upaya Blaugrana untuk mendapatkan Silva berujung pada penolakan dari The Citizens. Barcelona akhirnya justru mendatangkan rekan Silva di City, Ferran Torres. City mendatangkan Silva dari AS Monaco pada 2017 silam. 

Meski mengawali karier sebagai gelandang serang, Silva juga piawai ditempatkan sebagai winger. Selain kemampuan teknik, fleksibiltas posisi bermain ini yang membuat Silva menjadi salah satu alasan Guardiola untuk tetap mempertahankan gelandang serang timnas Portugal tersebut. 

Dalam lima musim terakhir memperkuat City, Silva pun kerap menjadi pilihan utama Guardiola. Total, Silva telah mengemas 251 penampilan dan menyumbang 48 gol di semua ajang. Pada musim lalu, Silva tercatat hanya absen di tiga partai di pentas Liga Primer Inggris dan berujung pada keberhasilan mempersembahkan titel Liga Primer Inggris buat City. 

Di sisi lain, PSG dikabarkan mulai terbuka dengan kemungkinan melepas Neymar, baik dengan status pinjaman ataupun secara permanen. Gelandang serang asal Brasil itu dinilai belum bisa memenuhi ekpektasi sejak direkrut dari Barcelona dengan nilai transfer mencapai 222 juta euro pada 2017 atau memecahkan rekor transfer termahal sejagat. 

Meski berhasil mengantarkan Les Parrisiens mendominasi kompetisi domestik, Neymar belum juga mampu membawa PSG meraih titel Liga Champions. 

Prestasi terbaik Neymar bersama PSG di pentas Liga Champions adalah saat tampil di partai puncak pada musim 2019/2020. Kepergian Neymar, yang masih terikat kontrak hingga 2027, dinilai bisa sedikit mengurangi beban di neraca keuangan PSG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement