Rabu 20 Jul 2022 14:12 WIB

Pemkot Depok Membentuk Kampung Peduli TB di Dua Kecamatan

Dinkes menargetkan tahun ini, membentuk Kampung TB di seluruh kecamatan di Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati.
Foto: Dok Pemkot Depok
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menanggulangi penyakit tuberkulosis (TB) dengan berbagai inovasi, salah satunya dengan membentuk Kampung Peduli Tuberkulosis (Kapitu). Saat ini, terdapat dua kecamatan yang sudah memiliki Kampung Peduli KB, yaitu Pancoran Mas dan Sawangan.

"Sebagai langkah awal dalam penanggulangan TB, pada tahun 2021 telah dibentuk dua kecamatan Kapitu," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (10/07/2022).

Baca: Guru SD yang Dinonaktifkan Disdik Depok karena Kasus HRS Terima Donasi Rp 60 Juta

Menurut Mary, untuk tahun 2022, akan dilakukan pembentukan Kampung TB di seluruh kecamatan se-Kota Depok." Dengan harapan nantinya masing-masing kecamatan memiliki wadah atau forum dalam penanggulangan TB di wilayah," terangnya.

Mary menuturkan,, melalui Kampung TB, nantinya terjalin komunikasi antar masyarakat dengan lintas sektor dan puskesmas yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kampung TB. Dengan adanya komunikasi tersebut, sambung dia, dapat melakukan penemuan kasus untuk selanjutnya dilakukan pengawasan dan upaya pencegahan.

"Masyarakat dan Satgas Kampung TB akan saling berkoordinasi untuk melakukan pelacakan untuk kemudian dilakukan investigasi, skrining, dan jika kasus positif TB. Oleh karena itu, akan terus diawasi dalam kepatuhan menelan obat untuk penderita TB," ucap Mary.

Baca: Guru SDN Pondok Petir Depok Minta Maaf Usia Fitnah Habib Rizieq

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement