Rabu 20 Jul 2022 22:59 WIB

Masjid dan Gereja di Inggris Jadi Tempat Berteduh dari Cuaca Panas Ekstrem  

Cuaca panas ekstrem melanda sejumlah wilayah di Inggris

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi bendera Inggris. Cuaca panas ekstrem melanda sejumlah wilayah di Inggris
Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Ilustrasi bendera Inggris. Cuaca panas ekstrem melanda sejumlah wilayah di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, NORTH WEST -- Gereja dan masjid di North West, Inggris, menyediakan tempat perlindungan yang sejuk bagi orang-orang di sana untuk menghindari cuaca panas ekstrem. 

Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah mengeluarkan peringatan terkait suhu panas tersebut. Layanan meteorologi Met Office juga mengeluarkan peringatan panas ekstrem pertamanya. Kedua peringatan tersebut berlaku mulai Senin (18/7/2022) hingga Rabu (20/7/2022). 

Baca Juga

Gereja St Mary, di Worsley, menawarkan orang-orang dari agama apa pun kesempatan untuk bersantai di sana. Seorang penduduk setempat berkata, "Jika gereja Anda terbuka, pergilah ke sana. Karena bangunan dengan langit-langit tinggi dan dinding tebal ini tetap sejuk." 

Tak hanya gereja, Masjid Makki di Longsight, Manchester, juga menyambut orang-orang ke dalam ruang ber-AC untuk beristirahat dari suhu panas. 

Masjid itu juga menawarkan air minum kemasan gratis pada Senin dan Selasa, dari pukul 1 siang hingga 10 malam, dengan area khusus untuk pria dan wanita untuk berlindung suhu panas yang terik. 

"Sebagai pusat komunitas di Longsight, maka kami bertanggungjawab menjaga tetangga kami. Islam mendorong dan menempatkan pentingnya dan penekanan besar dalam menjaga tetangga, terutama di masa-masa sulit," kata seorang juru bicara masjid tersebut. 

Suhu panas yang ekstrem melanda North West pada Senin (20/7/2022) dengan Nantwich, di Cheshire, mencapai 37 derajat celcius. 

Layanan darurat telah mengeluarkan saran keamanan air setelah remaja 16 tahun kehilangan nyawa setelah mencoba mendinginkan dirinya dengan berendam di area kanal Salford Quays. 

Inspektur Detektif Joanne Johnston, dari Polisi Greater Manchester, mengatakan, masyarakat harus menghindari untuk mendinginkan diri di waduk, sungai, kanal atau kolam. 

"Kita semua ingin menikmati cuaca hangat. Pastikan Anda melakukannya dengan cara yang aman. Pikirkan keluarga Anda, perhatikan teman-teman Anda," ujarnya. 

Selain itu juga ada gangguan besar pada perjalanan di jalur trem Bury di Greater Manchester karena cuaca panas. Akibatnya, jalur trem ini dihentikan karena ada kerusakan pada saluran udara. 

Penumpang kereta api di wilayah tersebut disarankan untuk membuat rencana terlebih dahulu, dengan kondisi yang diperkirakan akan berdampak pada perjalanan selama cuaca panas ekstrem. Penumpang didesak untuk secara teratur memantau keterangan Kereta Api Nasional sebelum mereka memulai perjalanan mereka.

 

Sumber: itv

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement