Kamis 21 Jul 2022 17:38 WIB

BI Tetap Tenang Tahan Suku Bunga, Pengamat: Langkah Tepat

Ekonom menyebut langkah BI tepat untuk beri ruang pertumbuhan ekonomi

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan dianggap tepat. Ekonom Senior The Indonesia Economic Intelligence, Sunarsip menilai kebijakan BI yang menahan BI-7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) adalah merupakan langkah yang tepat.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan dianggap tepat. Ekonom Senior The Indonesia Economic Intelligence, Sunarsip menilai kebijakan BI yang menahan BI-7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) adalah merupakan langkah yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan dianggap tepat. Ekonom Senior The Indonesia Economic Intelligence, Sunarsip menilai kebijakan BI yang menahan BI-7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) adalah merupakan langkah yang tepat.

Kebijakan ini memperlihatkan, BI melihat bahwa perekonomian masih membutuhkan ruang bagi pertumbuhan ekonomi. "Pertumbuhan kita memang saat ini sudah mulai membaik, namun belum solid," katanya pada Republika, Kamis (21/7).

Hal ini mengingat faktor pendorong terbesar pertumbuhan ekonomi baru berasal dari ekspor. Sementara pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang memegang pangsa terbesar terhadap PDB belum terlalu signifikan pertumbuhannya.

Kebijakan yang menahan suku bunga acuan ini diharapkan dapat menjaga transmisi ke suku bunga perbankan, sehingga bunga bank pun tidak mengalami kenaikan. Dengan bunga bank tidak naik, maka kredit perbankan tumbuh sehingga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan.

Apalagi BI juga telah mengeluarkan bauran kebijakan baru terkait transparansi Suku Bunga Dasar Kredit baru. Diharapkan kebijakan suku bunga perbankan yang rendah dapat terus meningkatkan permintaan kredit.

Sunarsip juga menggarisbawahi pengaruh mempertahankan suku bunga acuan pada nasib nilai tukar rupiah. Menurutnya nilai tukar memang terlihat sudah tertekan sejak BI menahan BI-7DRR pada bulan lalu.

Dalam rangka menahan pelemahan nilai tukar, BI melakukan intervensi pasar, masuk ke pasar melalui operasi moneter. Langkah operasi moneter inilah yang lebih dipilih BI untuk mengendalikan nilai tukar, dibanding mengambil kebijakan kenaikan BI-7DRR.

Konsekuensinya, posisi cadangan devisa dalam beberapa bulan terakhir menurun. Ia menegaskan operasi moneter juga hingga saat ini tidak membahayakan posisi cadangan devisa karena ekonomi domestik memperoleh windfall devisa dari ekspor.

"Posisi cadangan devisa memang menurun saat ini, namun posisinya masih aman," kata dia.

Sunarsip menyampaikan, BI memang terihat tidak terlalu khawatir dengan posisi nilai tukar saat ini. Sebab, meskipun nilai tukar melemah dengan menyentuh Rp 15 ribu per dolar AS, industri masih cukup mampu menyerap level nilai tukar tersebut.

Terbukti, impor bahan baku masih tumbuh tinggi sekitar 30 persen selama enam bulan pertama 2022. Ini mengindikasikan bahwa meskipun nilai tukar melemah, hal tersebut tidak menyebabkan pelaku usaha manufaktur terganggu.

Industri tidak terganggu karena meskipun biaya impor naik akibat pelemahan nilai tukar, namun ekspor juga naik karena permintaan di luar negeri tinggi dan harganya tinggi pula. Sehingga, para pengusaha manufaktur ini tetap untung, meski biaya impor naik.

Sunarsip menambahkan suku bunga Indonesia juga saat ini masih relatif lebih baik diantara negara berkembang lainnya. Real interest rate, yield obligasi masih positif dan relatif lebih tinggi dibanding negara lain.

"Jadi, instrumen investasi di Indonesia sebenarnya masih layak koleksi bagi investor asing," katanya.

Meskipun suku bunga acuan tidak naik, potensi untuk menarik investor asing masuk investasi portofolio Indonesia dinilai masih cukup tinggi. Sekarang memang dana-dana asing tersebut keluar, namun Sunarsip memprediksikan itu hanya sementara.

Investor keluar hanya memanfaatkan momentum mendapat profit akibat kebijakan kenaikan suku bunga acuan di negara lain. Jika euforia tersebut sudah selesai, ia yakin mereka akan balik lagi ke Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement