Kamis 21 Jul 2022 18:16 WIB

Generasi Muda Diminta Berpartisipasi dalam Transformasi Digital

Pemerintah saat ini mempercepat pembangunan infrastruktur digital.

Red: Qommarria Rostanti
Generasi muda diharapkan memiliki kualitas dan kompetensi digital supaya bisa berpartisipasi dalam transformasi digital global.  9ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Generasi muda diharapkan memiliki kualitas dan kompetensi digital supaya bisa berpartisipasi dalam transformasi digital global. 9ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Pate mengharapkan generasi muda memiliki kualitas dan kompetensi digital supaya bisa berpartisipasi dalam transformasi digital global. Dia mengatakan, digital native dan generasi milenial Indonesia besar jumlahnya.

"Caranya kita harus fokus untuk membangun ruang digital dengan meningkatkan SDM digital kita, khususnya generasi milenial dan generasi Z," kata Johnny saat sidang ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dalam siaran pers, diterima Kamis (21/7/2022).

Baca Juga

Pemerintah saat ini mempercepat pembangunan infrastruktur digital agar lebih merata. Dengan begitu, Indonesia diharapkan bisa tinggal landas (take off) secara digital. "Kita membangun semuanya, ya saat ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya bisa menjangkau secara nasional. Mudah-mudahan di akhir pemerintahan kabinet Indonesia Maju, Indonesia itu siap tinggal landas. Tinggal landas dari sisi digital," kata Johnny.

Pemerintah, kata Johnny, tidak hanya membangun infrastruktur digital, tapi juga berupaya mengembangkan kerja sama global, salah satunya melalui forum internasional seperti DEWG G20. Pembahasan dalam forum internasional menurut Menteri Johnny adalah upaya untuk menyiapkan tata kelola bagi generasimasa depan.

"Pembangunan infrastruktur digital, pertemuan G20, pembahasan materi dan prioritas isu-isu Digital Economy Working Group adalah untuk generasi kini dan generasi masa depan Indonesia," kata Johnny.

Menurut sang menteri, pertemuan ketiga DEWG ini sudah melibatkan generasi muda supaya bisa membangun kesadaran dan menghubungkan mereka dengan dunia digital dan pengambilan kebijakan. "Secara simbolik, anak-anak milenial, kita ikut sertakan, diperkenalkan. Hari ini ada tiga perwakilan dari Sekolah Menengah Atas di wilayah Manggarai, Labuan Bajo, dan Ruteng. Siswanya ambil bagian dalam penyelenggaraan DEWG. Saya kira untuk mereka ini satu pengalaman yang bagus," kata Johnny.

Menurut Johnny, pelibatan generasi muda dalam perhelatan internasional, terutama yang membahas mengenai digitalisasi merupakan salah satu langkah nyata membuka peluang agar generasi milenial ambil bagian dalam akselerasi transformasi digital.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah ayat 255)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement