Dinas PUPR Kota Madiun Bangun Dua Pintu Air Baru Cegah Banjir

Red: Muhammad Fakhruddin

Dinas PUPR Kota Madiun Bangun Dua Pintu Air Baru Cegah Banjir (ilustrasi).
Dinas PUPR Kota Madiun Bangun Dua Pintu Air Baru Cegah Banjir (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga/rwa.

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Madiun, Jawa Timur, membangun dua pintu air baru pada Tahun Anggaran 2022 guna mencegah bencana hidrometeorologi di wilayah setempat, salah satunya banjir.

"Pembangunan pintu air tersebut dilakukan karena outletatau pintu air yang lama dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Solo dinilai terlalu kecil," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) DPUPR Kota Madiun Suyanto di Madiun, Kamis (21/7/2022).

Menurut dia, jika terjadi curah hujan tinggi yang menyebabkan debit air meningkat, saluran pintu air lama tidak bisa menampung, sehingga air meluber ke permukiman warga dan menyebabkan banjir. "Yang lama itu diameternya 1x1 meter. Ini kami buat lagi dengan ukuran 2x2 meter. Adapun dua pintu air tersebut dibangun di saluran Jalan Pancasila yang ada di Kelurahan Nambangan Lor dan Jalan MuhNur di Kelurahan Demangan," kata dia.

Lebih lanjut Suyanto mengatakan, proyek pembangunan pintu air di titik Jalan Pancasila mulai dikerjakan awal Juli 2022, dengan anggaran sekitar Rp1,5 miliar. Pihaknya memastikan tidak akan mengubah bentuk asli dari pintu air yang lama.

Baca Juga

Justru pintu air yang baru akan dibangun di sebelahnya. Sementara itu, anggaran sebesar Rp1,7 miliar disediakan untuk menyelesaikan proyek yang ada di Jalan Muh Nur.

Kedua proyek tersebut ditargetkan selesai awal November mendatang. Suyanto berharap penambahan pintu air di lokasi Jalan MuhNur tersebut bisa mengendalikan luapan air di Kelurahan Demangan, Kuncendan Josenan.

Sedangkan pintu air di saluran Pancasila untuk pengendalian air di Kelurahan Pandean, Nambangan Lor dan Nambangan Kidul. Ia menambahkan, antisipasi bencana terus dipetakan Pemkot Madiun dalam menanggapi isu perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang dampaknya bisa memicu terjadinya cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem tersebut dapat menyebabkan bencana alam hidrometeorologi, seperti siklon tropis, banjir, tanah longsor, puting beliung, gelombang tinggi laut dan lainnya, seperti yang diungkapkan oleh BMKG.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


13 Kecamatan Terdampak Banjir Garut Dipastikan Tertangani

Sebanyak 304 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Karawang

Pembangunan Waduk Lebak Bulus untuk Atasi Banjir

BNPB Pastikan Penanganan Bencana di Garut Berjalan Optimal 

Tim SAR Bantu SIswa Menyeberang Sungai Menuju Sekolah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark