Jumat 22 Jul 2022 01:15 WIB

BMKG Deteksi 46 Titik Panas di Kalimantan Timur

Sebanyak 46 titik panas terdeteksi di lima kabupaten/kota Kalimantan Timur.

Red: Nora Azizah
Sebanyak 46 titik panas terdeteksi di lima kabupaten/kota Kalimantan Timur.
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Sebanyak 46 titik panas terdeteksi di lima kabupaten/kota Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan mendeteksi adanya 46 titik panas (hot spot) yang tersebar pada lima kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). "Sebanyak 46 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 Wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Kamis (21/7/2022).

Sebaran 46 titik panas itu pun langsung ia informasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut. Sehari sebelumnya, BMKG Balikpapan juga mendeteksi sebanyak 21 titik panas yang tersebar pada enam kabupaten/kota dan langsung diinformasikan kepada pihak terkait, sehingga kemudian mendapat penanganan.

Baca Juga

Sedangkan 46 titik panas yang terdeteksi hari ini merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda, meskipun masih ada di kabupaten yang sama. Rincian dari 46 titik panas yang tersebar pada lima daerah di Kaltim hari ini adalah 2 titik di Kota Bontang, 4 di Kabupaten Berau, 5 titik di Kutai Kartanegara, 22 titik di Kutai Timur, dan 13 titik di Kabupaten Mahakam Ulu.Rincian titik panas per kabupaten/kota adalah 2 titik panas di Bontang berada di satu kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan.

Kemudian 4 titik di Berau tersebar pada tiga kecamatan, yakni 2 titik di Kecamatan Biatan, 1 titik di Kecamatan Segah, dan 1 titik di Kecamatan Tabalar. Untuk 5 titik panas di Kabupaten Kutai Kartanegara, lanjutnya, kelimanya tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Kenohan, Loa Kulu, Muara Wis, Sebulu, dan Kecamatan Tabang. Selanjutnya 22 titik panas di Kabupaten Kutai Timur, tersebar pada delapan kecamatan, yakni 1 di Bengalon, 1 di Kaliorang, 7 di Kombeng, 1 di Muara Wahau, 6 di Rantau Pulung, dan 1 di Sangatta Utara, 3 di Teluk Pandan, dan 2 di Kecamatan Telen.

"Sedangkan 13 titik panas di Mahakam Ulu, tersebar pada tiga kecamatan, yakni 1 titik di Kecamatan Laham, 4 titik di Long Apari, dan 2 titik di Kecamatan Long Pahangai," kata Ilham.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement