Sabtu 23 Jul 2022 04:16 WIB

Tips Bijak Bermedia Sosial Agar tidak Terjebak Hoaks

Kominfo menyebut ada 1.773 isu hoaks di media sosial pada 2021.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebarkan kebaikan lewat media sosial. Ilustrasi
Foto: pixabay
Sebarkan kebaikan lewat media sosial. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial sudah menjadi bagian erat dalam kehidupan sehari-hari. Baik sebagai sumber inspirasi, maupun sarana untuk mengungkapkan ekspresi kreatif dan berbagi informasi.

Sayangnya, proses penyebaran informasi secara akurat tidak berjalan dengan lancar, mengingat banyak kasus misinformasi yang masih menghantui masyarakat. Berdasarkan siaran pers yang dibagikan oleh Kementerian Kominfo, pada 2021, terdapat 1.773 isu hoaks yang ditemukan di berbagai platform media sosial di Indonesia. Hal ini menunjukkan bagaimana literasi digital dalam bermedia sosial masih perlu ditingkatkan.

Baca Juga

Aribowo Sasmito, selaku Co-Founder dan Fast-Checking Specialist Mafindo membagikan beberapa tips bijak bermedia sosial, di antaranya:

Mengikuti akun yang kredibel untuk melakukan cek fakta

Banyaknya informasi yang beredar di media so sial yang dibagikan secara real time, kadang membuat pengguna bingung apakah informasi itu benar dan bisa dibagikan ke peng guna lain. Pengguna pun didorong untuk semakin berhati-hati dalam menyebarkan informasi, khususnya jika informasi itu tidak berasal dari sumber yang kredibel dan akurat.

"Menghindari dan menghadapi beredarnya hoaks bisa dilakukan dengan sederhana. Dimulai dengan membaca berita secara menyeluruh, mencari sumber berita, menahan diri untuk menyebarkan berita yang meragukan, serta menelaah manfaat penyebaran informasi tersebut ke orang lain," kata Ari menjelaskan.

Selain itu, ia melanjutkan, cara mudah lain nya adalah dengan memastikan bahwa akun yang kita ikuti untuk mendapatkan informasi adalah akun yang kredibel atau resmi. Misalnya, akun media massa yang sudah bercentang biru ataupun akun-akun resmi dari pemerintah dan organisasi.

Mengikuti diskusi yang sesuai dengan minat dan keahlian

Memperkaya pengetahuan juga bisa dilaku kan dengan ikut serta dalam diskusi bersama orang-orang dengan minat yang sama. Mendapatkan pandangan dari berbagai sisi, juga bisa membantu kita melihat suatu topik dari sudut pandang yang lebih luas.

Hal ini bisa dilakukan dengan melihat topik yang sedang trending, seperti fitur Tren Helo yang ada di Helo. Di sini, kita bisa melihat topiktopik yang sedang ramai dibicarakan, dan ikut serta untuk membahas topik tersebut. Namun, pastikan juga saat ikut berdiskusi bersama, informasi atau pendapat yang kita bagikan tetap positif dan kita juga memang telah memahami tema yang akan dibahas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement