Ahad 24 Jul 2022 02:04 WIB

Zelensky: Ukraina Siap Ekspor Gandum Senilai Rp 150,14 Triliun

Rusia dan Ukraina telah bersepakat untuk membuka kembali ekspor gandum.

Rep: Mabruroh/ Red: Nidia Zuraya
Petani Serhiy menunjukkan biji-bijiannya di lumbungnya di desa Ptyche di wilayah Donetsk timur, Ukraina, Minggu, 12 Juni 2022. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa negaranya memiliki gandum senilai 10 miliar dolar AS.
Foto: AP/Efrem Lukatsky
Petani Serhiy menunjukkan biji-bijiannya di lumbungnya di desa Ptyche di wilayah Donetsk timur, Ukraina, Minggu, 12 Juni 2022. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa negaranya memiliki gandum senilai 10 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, KYIV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa negaranya memiliki gandum senilai 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 150,14 triliun (kurs Rp 15.014 per dolar AS) yang siap untuk dijual.

Rusia dan Ukraina telah bersepakat untuk membuka kembali ekspor yang sebelumnya diblokir selama perang. Artinya, Ukraina kembali memiliki kesempatan untuk menjual hasil panen mereka.

Baca Juga

"Ini adalah demonstrasi lain bahwa Ukraina dapat menahan perang," kata  Zelensky dalam pidato larut malam seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (23/7/2022).

Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting itu pada Jumat (22/7/2022). Kesepakatan itu termasuk membuka kembali pelabuhan Laut Hitam Ukraina untuk ekspor biji-bijian.

Kesepakatan baru itu juga meningkatkan harapan bahwa krisis pangan internasional yang diperparah oleh invasi Rusia dapat diredakan.

"Sekitar 20 juta ton hasil panen gandum tahun lalu akan diekspor. Juga akan ada peluang untuk menjual hasil panen tahun ini. Saat ini kami memiliki biji-bijian senilai sekitar 10 miliar dolar AS," kata Zelensky.

Kesepakatan itu ditengahi oleh PBB dan Turki . Kesepakatan itu dilakukan untuk mencegah bencana pangan global yang dapat menyebabkan kekacauan di banyak negara.

"Mungkin ada beberapa provokasi dari pihak Rusia, upaya untuk mendiskreditkan upaya Ukraina dan internasional, tapi kami percaya pada PBB," kata Zelensky.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًاۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْۗ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَكُمْ اٰيَةً فَذَرُوْهَا تَأْكُلْ فِيْٓ اَرْضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Dan kepada kaum Samud (Kami utus) saudara mereka Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Ini (seekor) unta betina dari Allah sebagai tanda untukmu. Biarkanlah ia makan di bumi Allah, janganlah disakiti, nanti akibatnya kamu akan mendapatkan siksaan yang pedih.”

(QS. Al-A'raf ayat 73)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement