Ahad 24 Jul 2022 14:31 WIB

Merokok ‘Bunuh’ 70 Ribu Warga Arab Saudi Setiap Tahun

Arab Saudi anggarkan dana kesehatan untuk perawatan sakit akibat rokok

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi merokok. Arab Saudi anggarkan dana kesehatan untuk perawatan sakit akibat rokok
Foto: bea cukai
Ilustrasi merokok. Arab Saudi anggarkan dana kesehatan untuk perawatan sakit akibat rokok

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI – Penggunaan tembakau tetap menjadi masalah kesehatan yang serius di negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, yang memiliki proporsi perokok tertinggi di dunia. Di Arab Saudi, kegiatan merokok diperkirakan membunuh 70 warga Arb Saudi.  

Terlepas dari tingginya prevalensi penggunaan tembakau di wilayah tersebut, kebijakan yang diperkenalkan oleh otoritas Saudi tampaknya telah menghasilkan pengurangan yang signifikan dalam jumlah perokok di negara itu, ditambah dengan peningkatan mereka yang mencari bantuan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. 

Baca Juga

Dilansir dari Arabnews, konsekuensi kesehatan masyarakat dari apa yang disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “epidemi tembakau” sangat serius. 

Asap tembakau mengandung lebih dari 2.500 bahan kimia karsinogenik dan menurut data WHO, merokok pada akhirnya membunuh hingga 50 persen dari mereka yang melakukan kebiasaan tersebut. 

The Tobacco Atlas, sebuah proyek yang mengumpulkan data tentang masalah yang berasal dari epidemi global ini dan cara penanganannya, memperkirakan bahwa lebih dari 8,67 juta orang meninggal karena penyakit terkait rokok pada tahun 2019 saja, termasuk 1,3 juta yang terpapar untuk perokok pasif. 

Di Arab Saudi saja, diperkirakan merokok membunuh 70 ribu orang setiap tahun. Merokok bertanggung jawab atas antara 80 dan 90 persen kematian akibat kanker paru-paru dan secara signifikan meningkatkan risiko kanker lain, serta penyakit kardiovaskular, paru-paru, saraf, mata, pencernaan, dan infeksi. 

Kerugian ekonomi yang sering tersembunyi dari merokok, yang mencakup tagihan untuk perawatan medis perokok dan mereka yang terpapar asap rokok, merugikan banyak negara miliaran dolar setiap tahun. 

Menurut The Tobacco Atlas, kerusakan ekonomi di seluruh dunia yang disebabkan oleh merokok pada tahun 2019 berjumlah sekitar  2 triliun dolar AS, yang setara dengan sekitar 1,8 persen dari produk domestik bruto global. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal akademik Tobacco Control pada tahun 2021 memperkirakan bahwa total biaya merokok untuk enam negara Dewan Kerjasama Teluk yaitu Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, berjumlah lebih dari 14,3 dolar AS miliar pada 2016 saja.  Pengeluaran kesehatan pemerintah menyumbang hampir 75 persen dari pembiayaan.  

Di antara enam negara tersebut, biaya ekonomi dari merokok adalah yang tertinggi di Arab Saudi, negara GCC terpadat, di mana jumlahnya mencapai lebih dari 6,3 miliar dolar AS.

Menurut Tobacco Atlas, prevalensi global merokok turun dari 22,7 persen pada 2007 menjadi 19,6 persen pada 2019, tahun terakhir di mana data WHO tersedia.  

Wilayah Mediterania Timur telah mengalami penurunan 15 persen dalam proporsi penduduk berusia di atas 15 tahun yang merokok setiap hari sejak 1990. Namun, jumlah perokok di wilayah tersebut meningkat dua kali lipat sejak 2007 karena pesatnya pertumbuhan penduduk di Timur Tengah.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement