Senin 25 Jul 2022 03:02 WIB

Citayam Fashion Week, Antara Kreativitas dan Ketertiban Umum

Aksi remaja di Citayam Fashion Week berpotensi mengganggu ketertiban jalan.

Red: Friska Yolandha
Warga berswafoto dengan Remaja asal Citayam yang viral, Bonge (tengah) di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Area sekitar taman Stasiun MRT Dukuh Atas menjadi ruang publik favorit yang ramai didatangi oleh kalangan remaja dari daerah pinggiran Ibu Kota. Kedatangan mereka untuk menghabiskan waktu libur sekolah dengan bercengkrama bersama sahabat dan membuat konten media sosial. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga berswafoto dengan Remaja asal Citayam yang viral, Bonge (tengah) di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Area sekitar taman Stasiun MRT Dukuh Atas menjadi ruang publik favorit yang ramai didatangi oleh kalangan remaja dari daerah pinggiran Ibu Kota. Kedatangan mereka untuk menghabiskan waktu libur sekolah dengan bercengkrama bersama sahabat dan membuat konten media sosial. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Dukuh Atas dan Jalan Sudirman di Jakarta Pusat akhir-akhir mendadak menjadi pusat perhatian masyarakat, tak hanya di Ibu Kota dan sekitarnya, namun hingga seantero negeri. Kawasan tersebut terkenal lantaran viral atau tenar di sejumlah kanal media sosial.

Ketenaran kawasan di jantung Kota Jakarta itu berawal saat sejumlah remaja mendatangi destinasi tersebut untuk sekedar berkumpul santai saat libur sekolah dan akhir pekan. Tujuannya menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit.

Baca Juga

Dukuh Atas memang mudah diakses siapa saja. Misalnya dengan menumpangi kereta rel listrik (KRL) dan turun di Stasiun Sudirman atau menumpangi TransJakarta. Bisa juga menumpangi Moda Raya Terpadu (MRT) dan turun di Stasiun Dukuh Atas, kemudian berjalan kaki beberapa meter sudah menjumpai beberapa objek menarik mata untuk dipandang, antara lain, Terowongan Kendal dengan coretan mural yang berwarna-warni.

Kawasan itu pun kemudian ramai dikunjungi para remaja yang berasal daerah penyangga Jakarta seperti Citayam, Bojonggede hingga Depok di Jalan Sudirman atau kini kawasan itu dikenal "SCBD". Beberapa di antara anak baru gede (ABG) itu kemudian banyak mengunggah aktivitas mereka di media sosial. Misalnya bergaya seperti seorang wartawan yang mewawancarai remaja.

Dengan gaya busana "nyentrik", gerak-gerik lucu dan kerap melontarkan jargon seperti "slebew" ketika diwawancarai. Itu menjadi daya tarik yang mengalihkan perhatian warganet karena beda dari biasanya.

Biasanya, kawasan itu banyak lalu-lalang para pekerja dengan gaya busana kantor yang serba formal. Atau yang akan berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta menumpangi kereta melalui Stasiun BNI City.

Selain aksi reportase layaknya jurnalis, belakangan mereka juga unjuk busana dengan berlenggak-lenggok seperti seorang model menggunakan trotoar dan penyeberangan jalan (zebra cross). Sejumlah figur remaja bermunculan karena viral di media sosial. Sebut sajaJeje, Bonge, Roy dan Kurma.

Adu busana

Terkenalnya kawasan Dukuh Atas, seperti "virus" yang begitu cepat menular bagi sebagian kalangan. Awalnya, anak-anak muda tersebut memamerkan gaya busana "nyentrik". Berjalan ala model bergaya di penyeberangan Jalan Tanjung Karang, Dukuh Atas.

Dikatakan "nyentrik" karena gaya busananya memberi kesan beda. Misalnya menggunakan kaos dipadupadankan dengan kemeja flanel berukuran besar dan celana jeans robek model lawas. Sebagian dari remaja itu juga mewarnai rambut mereka dengan warna pirang sehingga menambah kesan "nyentrik".

Selain itu, ada juga yang menggunakan jaket denim dan celana jeans, lengkap dengan topi dan kacamata berbentuk unik serta sepatu warna-warni, melalui ajang yang mereka kerap sebut "Citayam Fashion Week" (CFW). Belum jelas asal-usul penamaan unjuk busana itu, namun diperkirakan karena dipelopori remaja dari Citayam, Jawa Barat di lokasi itu. 

Tak hanya para remaja berusia tanggung itu, ajang CFW kini berubah menjadi adu busana yang ikut menarik sejumlah selebritas Ibu Kota untuk mencicipi "panggung" di jalan raya itu. Sebut saja mantan model papan atas, Paula Verhoeven serta sejumlah artis peran misalnya Baim Wong dan pemain sinetron laga, Afdal Yusman.

Tak hanya artis, para pejabat juga ikut menjajal CFW di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengajak para petinggi institusi lembaga keuangan Uni Eropa hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang tak mau ketinggalan. Tentu, mereka menampilkan gaya busana tak kalah mentereng dari para remaja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement