Senin 25 Jul 2022 08:05 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Siap Layani Atlet ASEAN Para Games 

Hingga saat ini sudah tiba sekitar 100 atlet dan official peserta ASEAN Para Games.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah atlet panahan National Paralympic Committee (NPC) mengikuti simulasi pertandingan di Lapangan BBRSBD Prof Soeharso, Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/7/2022). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan Bandara Soekarno-Hatta siap melayani atlet ASEAN Para Games 2022.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Sejumlah atlet panahan National Paralympic Committee (NPC) mengikuti simulasi pertandingan di Lapangan BBRSBD Prof Soeharso, Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/7/2022). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan Bandara Soekarno-Hatta siap melayani atlet ASEAN Para Games 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan Bandara Soekarno-Hatta siap melayani atlet ASEAN Para Games 2022. Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan asistensi dan fasilitas disiapkan untuk menyambut atlet dan official pada 19-30 Juli 2022. 

“Hingga saat ini sudah tiba sekitar 100 atlet dan official peserta ASEAN Para Games 2022,” kata Agus dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (24/7/2022). 

Baca Juga

Dia menjelaskan alur kedatangan internasional bagi atlet dan official adalah setelah memproses protokol atau ketentuan kesehatan serta keimigrasian dan Bea Cukai, atlet dan official kemudian akan mendapatkan asistensi untuk transit menuju Terminal 1, Terminal 2, atau Terminal 3. Lalu melanjutkan penerbangan ke Surakarta.

Agus memastikan seluruh fasilitas juga dipastikan siap. Beberapa diantaranya yakni bus berlantai rendah (lowdeck) di sisi udara yang ramah bagi pengguna kursi roda, lalu fast lane untuk difable di titik security check point (SCP), priority seat di setiap gate keberangkatan, lift bagi difable, tangga bagi difabel, toilet bagi difable, serta golf car, dan fasilitas lainnya. 

“Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan personel khusus untuk mendukung INASPOC,” tutur Agus. 

Agus menambahkan, AP II turut mensosialisasikan dan memeriahkan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022. Hal tersebut dilakukan dengan menayangkan beragam konten terkait event tersebut di digital media (digital banner dan video) yang ada di semua terminal penumpang. 

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta saat ini tengah melakukan penyambutan peserta yang mengikuti dua kegiatan internasional di Indonesia. Kegiatan tersebut yakni delegasi untuk rangkaian kegiatan G20, serta atlet dan official dari negara-negara peserta ASEAN Para Games 2022.

“Di dalam menyambut kedatangan atlet dan official peserta ASEAN Para Games 2022, AP II telah berkoordinasi dengan berbagai pihak khususnya Indonesia National Paralympic Organization Committee (INASPOC) guna memastikan kedatangan para atlet dan official berjalan lancar,” ungkap Awaluddin. 

Awaluddin menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara transit untuk kemudian atlet dan official melanjutkan perjalanan ke Surakarta. Dia menegaskan AP II bersama INASPOC dan stakeholder lainnya di Bandara Soekarno-Hatta telah berkoordinasi untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menyambut atlet dan official. 

“Bandara Soekarno-Hatta memberikan hospitality Indonesia untuk memberikan kesan positif bagi atlet dan official ketika tiba di Tanah Air,” ucap Awaluddin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement