Senin 25 Jul 2022 11:00 WIB

Hyundai dan Kia Catat Pertumbuhan Penjualan Tahunan di Vietnam dan Indonesia

Pangsa pasar Hyundai dan Kia di Indonesia juga naik

Red: Nur Aini
Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor Co. dan Kia Corp. mencatat pertumbuhan penjualan tahunan yang kuat di Vietnam dan Indonesia pada paruh pertama  2022.
Foto: AP Photo/Gene J. Puskar
Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor Co. dan Kia Corp. mencatat pertumbuhan penjualan tahunan yang kuat di Vietnam dan Indonesia pada paruh pertama 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor Co dan Kia Corp mencatat pertumbuhan penjualan tahunan yang kuat di Vietnam dan Indonesia pada paruh pertama  2022. Yonhap melansir pada Ahad (24/7/2022), pencapaian ini memberikan kinerja yang kuat di pasar yang biasanya didominasi oleh pembuat mobil dari Jepang.

Menurut data dari Asosiasi Produsen Mobil Vietnam, penjualan gabungan dari Hyundai Thanh Cong Manufacturing Vietnam dan THACO Kia, perusahaan patungan pembuat mobil Korea Selatan di Vietnam, mencapai 71.882 unit pada periode Januari-Juni, atau naik 29,3 persen dari tahun lalu.

Baca Juga

Angka penjualan gabungannya 1,7 kali lebih besar dibandingkan dengan penjualan Toyota Motor Corp Jepang di Vietnam dengan 43.085 unit. Pangsa pasar gabungan Hyundai dan Kia di pasar Vietnam yang sedang tumbuh tercatat sebesar 38,3 persen, melampaui Toyota dengan 23,2 persen.

Sementara itu, penjualan gabungan produsen mobil Korea Selatan di Indonesia, di mana lebih dari 90 persen mobil yang dijual adalah merek Jepang, juga melonjak menjadi 12.013 unit. Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), terdapat pertumbuhan hampir empat kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Pangsa pasar Hyundai dan Kia di Indonesia juga naik menjadi 2,6 persen, naik 1,8 persen dari tahun lalu.

Hyundai menyelesaikan pembangunan pabrik di kompleks industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, pada bulan Desember. Pabrik tersebut disebut memiliki kapasitas produksi 150.000 unit per tahun. Pabrik di Indonesia sudah memproduksi Hyundai Creta, Ioniq 5, Santa Fe, dan yang terbaru adalah MPV Stargazer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement