Senin 25 Jul 2022 19:16 WIB

Ini Kata Surya Paloh Soal Koalisi Pilpres 2024

Sejauh ini belum diputuskan koalisi yang akan dibangun bersama Partai Nasdem.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh
Foto: Prayogi/Republika.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh memberikan tanggapan terkait kemungkinan koalisi yang terbentuk di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, sejauh ini pihaknya belum memutuskan tentang koalisi yang akan dibangun bersama Partai Nasdem nantinya.

"Belum ada hal yang baru (koalisi). Jadi bagaimana kita utarakan kalau belum ada yang baru," ucap Surya Paloh kepada wartawan di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Senin (25/7/2022).

Baca Juga

Adapun mengenai sejumlah partai yang mengajak bertemu dengan Partai Nasdem, Surya tak menampik, terdapat beberapa pimpinan dan tokoh nasional yang bersilaturahim dengannya. Mereka banyak memperbincangkan segala sesuatu tanpa perlu diumumkan ke publik. Selanjutnya, media dan masyarakat hanya perlu menebak-nebak saja mengenai hal tersebut. 

Adapun mengenai PDIP, Surya menegaskan, sampai saat ini masih menjadi koalisi dengan Partai Nasdem di ranah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Surya, Partai Nasdem dan PDI mempunyai satu keinginan yang sama agar roda administrasi pemerintahan bisa berjalan tetap efektif sampai di akhir masa jabatan terlebih dahulu. "Kalau hal-hal lain itu saya pikir dialektika romantika kecil-kecilan saja," jelasnya.

Hal yang pasti, Surya mengaku, belum mengadakan pertemuan dengan PDIP mengenai koalisi pada Pilpres 2024. Belum ada pembicaraan pasti mengenai hal tersebut hingga sekarang. Namun dia menilai PDIP tanpa Partai Nasdem sebenarnya sudah bisa mencalonkan capres yang diinginkan. Sebab, PDIP termasuk partai besar dan mutlak memenuhi seluruh persyaratan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement