Senin 25 Jul 2022 18:01 WIB

Dinilai Miliki Track Record Cemerlang, Erick Thohir Memikat Petinggi PAN

Track record Erick Thohir selama mengomandoi BUMN dinilai cukup cemerlang.

Red: Karta Raharja Ucu
Erick Thohir saat pelantikan Dewan Pengurus Pusat Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (DPP BM PAN) pada Sabtu (23/7/2022).
Foto: Dok. Web
Erick Thohir saat pelantikan Dewan Pengurus Pusat Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (DPP BM PAN) pada Sabtu (23/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemampuan berkomunikasi yang baik serta rekam jejak yang baik dinilai menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Menteri BUMN, Erick Thohir. Modal tersebut yang membuat Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan terpikat pada Erick Thohir.

Zulhas, sapaan akrabnya memberikan kode politik yang menyebutkan Erick Thohir sebagai calon presiden. Ungkapannya itu disampaikan ketika kegiatan Pelantikan Dewan Pengurus Pusat Barisan Muda Penggerak Amanat Nasional pada Sabtu (22/7/2022).

Erick Thohir turut hadir memenuhi undangan yang digelar di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut. Mantan presiden Inter Milan itu mengenakan batik berwarna biru.

“Kalau pakai ini (jaket), menyiapkan masa depan. Kalau pakai batik, itu calon presiden. Pak Erick pakai batik, batiknya biru," ujar Zulhas dalam sambutannya.

Membaca kode politik dari Zulhas, Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun turut memberikan analisanya. Menurutnya Erick Thohir memiliki komunikasi yang baik sehingga mudah diterima siapapun, baik elite partai seperti Zulhas maupun masyarakat akar rumput.

“Beliau (Erick Thohir) sangat agresif berkomunikasi di berbagai platform media. Ruang luar, media sosial, media online dan konvensional,” ujar Rico, Senin (25/7/2022).

Dari sisi kinerja, Rico juga menyebut track record Erick Thohir selama mengomandoi BUMN cukup cemerlang. Erick Thohir menjadi salah satu menteri andalan Presiden Jokowi dan nyaris tidak pernah mendapat kritik sebagai menteri.

“Kinerja Erick Thohir rasanya cukup baik. Termasuk menteri yang belum pernah ditegur secara implisit oleh Presiden Jokowi,” kata Rico.

Kinerja mentereng Erick Thohir sebagai menteri BUMN di antaranya adalah membantu mendatangkan vaksin covid-19 ke Indonesia, membantu pemulihan ekonomi nasional dengan berbagai program. Erick Thohir banyak dilibatkan dalam berbagai kerja strategis pemerintah. Selain itu, Erick Thohir juga berjasa menyukseskan program vaksinasi, pemulihan ekonomi Indonesia, berhasil menyelenggarakan event internasional seperti MotoGP Mandalika dan belum lama ini FIBA Asia Cup hingga make over Sarinah menjadi wadah UMKM di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement