Selasa 26 Jul 2022 15:21 WIB

Pesisir Indramayu dan Cirebon Waspada Rob

Tak hanya mengganggu aktivitas masyarakat, rob juga mengganggu obyek wisata.

Red: Andi Nur Aminah
Warga mendorong motornya yang mogok akibat menerobos banjir rob (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Warga mendorong motornya yang mogok akibat menerobos banjir rob (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Masyarakat di pesisir Indramayu dan Cirebon diimbau untuk mewaspadai datangnya fenomena pasang maksimum air laut atau banjir rob. Tak hanya mengganggu aktivitas masyarakat, rob juga mengganggu obyek wisata.

Potensi banjir rob itu terjadi seiring pasang air laut pada fase bulan baru bersamaan dengan peningkatan tinggi gelombang. Berdasarkan prediksi pasang surut, masyarakat pesisir pantai utara Jawa Barat, terutama Indramayu dan Cirebon, diimbau mewaspadai banjir rob pada 25 hingga 29 Juli 2022.

Baca Juga

"Puncak pasang maksimum air laut (banjir rob) pada pukul 14.00 hingga 19.00 WIB," ujar Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, kepada Republika.co.id, Selasa (26/7/2022).

Adapun wilayah di Kabupaten Indramayu yang harus mewaspadai banjir rob selama rentang waktu tersebut adalah Desa Eretan Kulon, Desa Eretan Wetan dan Desa Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur, serta Desa Karangsong Kecamatan Indramayu. Sedangkan di wilayah pesisir Cirebon yang berpotensi mengalami banjir rob adalah Mundupesisir Kabupaten Cirebon serta Kasepuhan dan Panjunan Kota Cirebon.

Faiz mengungkapkan, banjir rob dapat berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian msyarakat. Selain itu, transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir serta perikanan darat juga terdampak bencana tersebut. "Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir rob," ujar Faiz.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Rosidah, mengatakan, banjir rob sudah menjadi langganan di desanya. Dia pun mengeluhkan kondisi tersebut yang sangat mengganggu kegiatan masyarakat sehari-hari. "Apalagi kalau rob sampai masuk ke rumah," keluh Rosidah.

Rosidah mengatakan, tak hanya mengganggu aktivitas keseharian warga, banjir rob yang berasal dari air laut juga bisa merusak perabot rumah tangga. Karena itu, dia harus menaikkan barang-barang berharga, terutama alat elektronik, ke tempat yang lebih tinggi.

Hal senada diungkapkan Direktur CV Pancora Jaya, Muhammad Royani, selaku pengelola obyek wisata pantai Karangsong. Dia mengatakan, rob datang hampir setiap hari sejak sebelum Idul Fitri sampai sekarang. 

"Rob biasanya mulai datang sekitar pukul 15.30 WIB sampai malam hari. Lalu pagi surut kembali,"  terang Royani.

Royani mengatakan, kedatangan banjir rob jelas sangat mengganggu aktivitas wisata di Pantai Karangsong. Meski demikian, hingga kini obyek wisata tersebut tetap buka seperti biasa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ قِيْلَ لَهُمْ كُفُّوْٓا اَيْدِيَكُمْ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۚ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ اِذَا فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَخْشَوْنَ النَّاسَ كَخَشْيَةِ اللّٰهِ اَوْ اَشَدَّ خَشْيَةً ۚ وَقَالُوْا رَبَّنَا لِمَ كَتَبْتَ عَلَيْنَا الْقِتَالَۚ لَوْلَآ اَخَّرْتَنَآ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۗ قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيْلٌۚ وَالْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقٰىۗ وَلَا تُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka, ”Tahanlah tanganmu (dari berperang), laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat!” Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba sebagian mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih takut (dari itu). Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tunda (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?” Katakanlah, “Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa (mendapat pahala turut berperang) dan kamu tidak akan dizalimi sedikit pun.”

(QS. An-Nisa' ayat 77)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement