Selasa 26 Jul 2022 23:04 WIB

Nordi Mukiele Tinggalkan Leipzig untuk Gabung PSG

PSG mengontrak Nordi Mukiele selama lima tahun.

Red: Israr Itah
Pemain baru PSG Nordi Mukiele
Foto: Dok PSG
Pemain baru PSG Nordi Mukiele

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek Nordi Mukiele meninggalkan RB Leipzig yang sudah dibelanya selama empat tahun untuk pindah ke klub raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG). Kepindahan Mukiele diumumkan oleh PSG pada Selasa (26/7/2022) malam WIB.

"Paris Saint-Germain dengan gembira mengumumkan penandatanganan Nordi Mukiele dengan kontrak lima tahun. Bek Prancis itu menandatangani kontrak dengan klub ibu kota hingga 30 Juni 2027," bunyi pernyataan resmi PSG yang diterima Republika.co.id.

Baca Juga

Mukiele bergabung dengan Leipzig pada 2018 dan membawa tim Jerman ini mencapai semifinal Liga Champions 2020 sekaligus menjuarai Piala Jerman tahun ini yang merupakan trofi utama pertama yang diraih klub itu.

"Saya ingin berterima kasih atas semua yang sudah kalian lakukan kepada saya," kata Mukiele dalam media sosial seperti dikutip Reuters, Selasa."Kalian membuat saya merasa di rumah sendiri sejak hari pertama saya tiba dan dengan berat hati saya pergi hari ini. Saya berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam klub ini yang setiap hari membantu kami mencapai tujuan kami."

Nordi Mukiele menandatangani kontrak dengan tim Ligue 2 Stade Lavallois ketika dia berusia 16 tahun. Pemain internasional masa depan Prancis itu membuat debut melawan Auxerre pada November 2014, dan menandatangani kontrak profesional pertama beberapa bulan kemudian.

Berasal dari pinggiran kota Paris, Montreuil, ia bergabung dengan Montpellier HSC pada awal 2017, di mana ia membuat 50 penampilan Ligue 1 sebelum pindah ke RB Leipzig pada musim panas 2018. Ia merupakan bek serba bisa, yang bisa bermain di pertahanan kanan dan tengah. Ia membuat 146 penampilan untuk klub Jerman (10 gol, 11 assist), memenangkan Piala Jerman, Mei lalu.

Nordi Mukiele membela Prancis di level U18, U19, U20 dan U21, sebelum mendapatkan cap internasional penuh pertamanya untuk Les Bleus dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Finlandia, 7 September 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement