Rabu 27 Jul 2022 07:55 WIB

UMM Dampingi Warga Sragi Blitar Kembangkan Potensi Minuman Alami

Warga Sragi Blitar membuat minuman alami dari serbuk rambut jagung dan jahe

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan pendampingan dan pengembangan hasil bumi di Desa Sragi, Blitar, Jawa Timur.
Foto: Humas UMM
Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan pendampingan dan pengembangan hasil bumi di Desa Sragi, Blitar, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melaksanakan pendampingan dan pengembangan hasil bumi di Desa Sragi, Blitar. Fokus dalam program ini antara lain mengadakan pelatihan untuk pembuatan produk minuman serbuk rambut jagung dan jahe dengan merk “Palawidja”.

Tim yang tergabung dalam program ini terdiri atas sejumlah dosen FPP. Dosen-dosen yang dimaksud antara lain Vritta Amroini Wahyudi sebagai ketua tim lalu dibantu oleh Hanif Alamudin Manshur, M. Zul Mazwan. Kegiatan ini turut berkolaborasi dan dibantu para mahasiswa melalui Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEKPA).

Baca Juga

Ketua tim Vritta menjelaskan, program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mampu menghasilkan produk unggul pertanian. Salah satunya dengan cara mengikuti pelatihan  pengolahan produk rambut jagung dan jahe serta pemasaran hasil pertanian.  "Dengan kata lain, Kampus Putih UMM berupaya menyiapkan masyarakat Desa Sragi menjadi kelompok sociopreneur," ucapnya.

Dalam pelatihan ini, mahasiswa UMM punya andil mendampingi untuk membuat minuman serbuk. Metode serbuk yang dipilih adalah foam mat drying. Teknik ini dipilih karena memiliki keunggulan dalam mempercepat proses penguapan air. Hal ini dilakukan pada suhu yang lebih rendah sehingga nilai gizi yang ada dalam bahan dapat dipertahankan.

Tak hanya melaksanakan pelatihan pembuatan minuman serbuk rambut jagung dan jahe, acara ini juga memberikan materi mengenai peningkatan kapasitas BPD yang ditujukan untuk perangkat desa. Sederet pemateri dihadirkan dari prodi ilmu pemerintahan dan salah satunya Krishno Hadi.

Krishno menyampaikan, salah satu karakter dari desa mandiri itu harus mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Sragi, yakni pengembangan usaha minuman serbuk dari bahan rambut jagung dan jahe. Jika pengembangan produk ini berhasil, maka akan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain untuk mengembangkan potensinya juga.

Ia mengapresiasi langkah Kampus Putih UMM untuk terjun langsung berperan membantu masyarakat. Menurutnya, salah satu ciri kampus maju adalah memiliki peran konkret kepada masyarakat. Para perangkat desa juga antusias dan mau belajar hal baru sehingga Krishno yakin pengembangan desa itu akan lebih baik lagi.

Sementara itu, Sutikno Ketua BPD Desa Sragi, Sutikno berterimakasih kepada UMM yang senantiasa membantu pihaknya. Di samping itu, juga menyajikan materi menarik dari para pemateri andal yang mudah dipahami oleh masyarakat desa Sragi.

Selanjutnya, sebagai mitra kerja pemerintah, dia berharap bisa bekerja sama dengan UMM secara berkelanjutan."Sehingga apa yang menjadi cita-cita Desa Sragi bisa terwujud,” ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima Republika, Selasa (26/7/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّسْتَمِعُ اِلَيْكَ ۚوَجَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًا ۗوَاِنْ يَّرَوْا كُلَّ اٰيَةٍ لَّا يُؤْمِنُوْا بِهَا ۗحَتّٰٓى اِذَا جَاۤءُوْكَ يُجَادِلُوْنَكَ يَقُوْلُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَآ اِلَّآ اَسَاطِيْرُ الْاَوَّلِيْنَ
Dan di antara mereka ada yang mendengarkan bacaanmu (Muhammad), dan Kami telah menjadikan hati mereka tertutup (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan telinganya tersumbat. Dan kalaupun mereka melihat segala tanda (kebenaran), mereka tetap tidak mau beriman kepadanya. Sehingga apabila mereka datang kepadamu untuk membantahmu, orang-orang kafir itu berkata, “Ini (Al-Qur'an) tidak lain hanyalah dongengan orang-orang terdahulu.”

(QS. Al-An'am ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement