Kamis 28 Jul 2022 05:25 WIB

Hipertensi dan Kolesterol Tinggi: Munculnya 3 Warna pada Mata Jadi Tandanya

Berubahnya warna pada mata bisa menjadi pertanda hipertensi atau kolesterol tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menutup mata (ilustrasi). Spot merah pada mata, adanya lingkar biru di iris, dan semburat kuning pada mata bisa menjadi pertanda hipertensi dan kolesterol tinggi.
Foto: www.freepik.com.
Menutup mata (ilustrasi). Spot merah pada mata, adanya lingkar biru di iris, dan semburat kuning pada mata bisa menjadi pertanda hipertensi dan kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hipertensi dan kolesterol tinggi bisa terjadi tanpa memunculkan gejala yang jelas. Akan tetapi, beberapa perubahan warna pada mata bisa menjadi pertanda adanya hipertensi atau kolesterol tinggi.

Direktur Layanan Klinis Specsavers, Giles Edmonds, mengungkapkan bahwa ada tiga perubahan warna pada mata yang mungkin berkaitan dengan hipertensi atau kolesterol tinggi. Ketiga perubahan tersebut adalah munculnya spot merah, lingkaran biru di sekitar iris, dan semburat kuning.

Baca Juga

Spot merah

Menurut Edmonds, spot merah yang muncul di depan mata sering kali disebabkan oleh pembuluh darah yang rusak akibat hal sederhana, seperti batuk atau bersin. Sebagian besar kemunculan titik merah umumnya tak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, bila titik merah terus muncul untuk waktu yang cukup lama, bisa jadi itu merupakan indikasi tekanan darah tinggi.

"Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap serangan jantung atau strok, dan (hipertensi) juga bisa memicu komplikasi pada penglihatan Anda," jelas Edmonds, seperti dilansir Express, Rabu (27/7/2022).

Dokter mata juga bisa menemukan tanda hipertensi saat melakukan pemeriksaan mata pada pasien. Tanda ini bisa terlihat dari kondisi pembuluh darah mata yang menyempit atau mulai bocor.

Kondisi-kondisi ini umum ditemukan pada orang berusia 60 tahun ke atas, dan biasanya tak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, bila tanda-tanda ini muncul pada orang berusia di bawah 40 tahun, orang tersebut kemungkinan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Lingkar atau cincin biru

Kemunculan cincin biru di iris bisa menjadi pertanda kolesterol tinggi. Seperti dilansir Healthline, tampilan cincin biru ini disebabkan oleh deposit kolesterol. Deposit kolesterol ini sebenarnya berwarna putih atau kekuningan, namun bisa tampak berwarna biru.

Kondisi ini tamak memengaruhi sekitar 20-35 persen masyarakat. Kemungkinan munculanya cincin biru pada iris akan semakin besar seiring dengan bertambahnya usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement