Jumat 29 Jul 2022 06:01 WIB

IMF Perkirakan Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Global, Kripto Punya Masa Depan Suram

Investor cryptocurrency berlomba-lomba untuk kenaikan suku bunga di Amerika Serikat

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Gambar ilustrasi bitcoin. (Unsplash/Dmitry Moraine)
Gambar ilustrasi bitcoin. (Unsplash/Dmitry Moraine)

Investor memperingatkan volatilitas lebih lanjut di pasar aset digital karena Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Pembaruan IMF pada Juli tentang Prospek Ekonomi Dunia berjudul Suram dan Lebih Tidak Pasti menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, dan kontraksi output global sebagai indikator pertumbuhan ekonomi yang buruk. Laporan tersebut menyatakan secara ringkas bahwa ada kemungkinan perlambatan ekonomi di masa depan.

"Risiko terhadap prospek sangat miring ke sisi negatifnya," katanya melansir dari Cointelegraph, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Fed Naikkan Suku Bunga 75 bps, Nilai Bitcoin Melonjak di Atas US$22.000

Faktor makro telah dikaitkan dengan pasar beruang kripto, mendorong analis kripto Miles Deutscher untuk memperingatkan 154.000 pengikut Twitter-nya untuk mengharapkan volatilitas di pasar yang mengarah pada masa depan buruk pada kripto.

Dia mencatat laporan pendapatan yang masuk dari Microsoft, Google, Apple dan Meta, bersama dengan angka produk domestik bruto (PDB) dari Amerika Serikat, dapat menciptakan guncangan lebih lanjut.

Investor kripto juga berlomba-lomba untuk kenaikan suku bunga di Amerika Serikat minggu ini. Bloomberg melaporkan pada hari Selasa lalu bahwa Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebanyak 75 basis poin, atau 0,75%, hingga 2,25% dalam upaya untuk memperketat kebijakan moneternya dan inflasi yang membingungkan.

Ada juga pengamat industri yang memperkirakan AS akan secara resmi berada dalam resesi ketika angka PDB Q2 untuk negara itu diterbitkan pada 28 Juli. Investopedia mendefinisikan resesi sebagai dua kuartal berturut-turut dari pertumbuhan PDB negatif.

YouTuber pasar kripto DustyBC mentweet pada hari Selasa bahwa perlambatan global ditambah dengan angka PDB AS yang berpotensi berkurang dapat menjelaskan mengapa harga Bitcoin (BTC) turun di bawah 21.000 dolar.

Sementara itu, pendiri hub keuangan terdesentralisasi lintas rantai (DeFi) berbasis Cosmos Umee Brent Xu bertanya pada hari Senin dalam sebuah tweet, "Apakah resesi makro = resesi kripto?"

Mengutip dari akun Twitter Material Indicators, melaporkan bahwa "tidak ada jaminan bahwa dukungan apa pun berlaku" setelah PDB dan angka suku bunga diumumkan. Ia menambahkan bahwa mungkin ada beberapa hari volatilitas, menggemakan pengamatan Deutscher.

Di samping itu ia menulis bahwa pasar Bitcoin kemungkinan akan pulih ketika ketidakpastian tentang keadaan ekonomi saat ini dan ketegangan geopolitik diselesaikan. Namun, tidak ada yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Sementara prospek ekonomi terlihat suram, IMF menunjukkan bahwa aksi jual di kripto sejak Mei karena likuidasi, kebangkrutan, dan kerugian di perusahaan besar seperti Celsius, Three Arrows Capital dan Voyager Digital Holdings memiliki sedikit dampak pada sistem keuangan lainnya.

Ini menunjukkan bahwa karena sistem keuangan yang lebih luas dapat memiliki efek besar pada kripto, hal yang sama tidak dapat dikatakan sebaliknya.

"Aset kripto telah mengalami aksi jual dramatis yang telah menyebabkan kerugian besar dalam kendaraan investasi kripto dan menyebabkan kegagalan stablecoin algoritmik dan dana lindung nilai kripto, tetapi limpahan ke sistem keuangan yang lebih luas telah dibatasi sejauh ini," katanya.

Pada saat penulisan, total kapitalisasi pasar kripto duduk hampir lebih dari 1 triliun dolar, menurut Indeks TCAP.

Laporan pendapatan yang mengecewakan dan angka PDB minggu ini dapat merusak level ini karena Cointelegraph sebelumnya melaporkan pada hari Senin bahwa investor sudah mulai mencari perlindungan dalam fiat sebagai persiapan untuk yang terburuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement