Jumat 29 Jul 2022 20:12 WIB

PKS: Kalau PKB dan Gerindra Jadi Koalisi, Maka Semut Merah Batal

Koalisi semut merah sempat digagas PKS dan PKB.

Red: Teguh Firmansyah
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kedua kanan).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kedua kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyampaikan bahwa pihaknya menghormati rencana pembentukan koalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra yang tengah ramai diberitakan.

"Tentu, kami menghormati kalau ada partai-partai yang mau melakukan koalisi, saya hormati. Kalau PKB dengan Gerindra, kami hormati lah," ujar Syaikhu kepada wartawan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Menurut dia, pada dasarnya, pembentukan koalisi oleh partai politik di Tanah Air memang patut dihormati karena hal tersebut merupakan upaya untuk memunculkan lebih banyak kandidat dalam kontestasi pada Pemilu 2024 mendatang."Koalisi ini bagian dari hal yang harus kita jaga bersama agar lebih banyak lagi kandidat yang bisa maju dalam kontestasi Pemilu 2024," ucap Syaikhu.

Lalu, tambah dia, jika koalisi antara PKB dan Gerindra benar-benar diwujudkan, secara otomatis rencana pembentukan koalisi di antara PKS dan PKB dengan nama "semut merah" secara otomatis dibatalkan."Ya, otomatis (dibatalkan)," ucap Syaikhu.

Di tengah koalisi yang sudah ada ataupun direncanakan untuk segera dibentuk, Syaikhu menegaskan PKS belum memutuskan.Keputusan itu, kata dia, akan dibahas secara lebih lanjut dengan Majelis Syura PKS."(Pilihan koalisi) akan dibahas nanti lebih lanjut dengan Majelis Syura. Ke depan, akan kami laksanakan (pembahasannya)," ucap Syaikhu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement