Sabtu 30 Jul 2022 17:00 WIB

Tahun Baru Islam, Ratusan Kendaraan Hias Pawai di Jalanan Kota Sukabumi

Warga Kota Sukabumi sangat antusias dalam menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriyah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Tahun Baru Islam, Ratusan Kendaraan Hias Pawai di Jalanan Kota Sukabumi. Foto ilustasi: Sejumlah warga melaksanakan pawai obor di kawasan Manggarai, Jakarta, Jumat (29/7/2022). Pawai obor tersebut untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tahun Baru Islam, Ratusan Kendaraan Hias Pawai di Jalanan Kota Sukabumi. Foto ilustasi: Sejumlah warga melaksanakan pawai obor di kawasan Manggarai, Jakarta, Jumat (29/7/2022). Pawai obor tersebut untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Warga Kota Sukabumi sangat antusias dalam menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriyah. Di mana pada Sabtu (30/7/2022) warga mengikuti Apel Wihdatul Ummah atau apel kebersamaan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Sabtu (30/7/2022).

Setelah apel dilanjutkan dengan pawai tarhib Tahun Baru Islam sebanyak 118 mobil hias dari berbagai elemen warga. Momen tersebut langsung diikuti Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami bersama unsur forkopimda dan Ketua MUI Kota Sukabumi KH Aab Abdulloh.

Baca Juga

''Alhamdulillah antusasias warga sangat tinggi karena sejak semalam meluapkan kegembiraan dan kecintaan dengan pergantian tahun hijriyah,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana pada Jumat (29/7/2022) malam digelar Istighosah dan doa bersama di Masjid Agung Kota Sukabumi.

Muharram terang Fahmi, identik dengan persatuan itulah sebabnya bulan Muharaam Allah catatkan sebagai bulan yang dimuliakan. Muharram identik dengan perubahan itulah sebabnya tidak dapat dipisahkan dengan semangat hijrah.

Semalam kata Fahmi telah melaksanakan doa bersama semoga pada 1444 H dapat dilalui dengan husnul khotmah dan Allah berikan kemudahan, kelancaran keberkahan, dan kesuksesan. Mari sama-sama pagi ini dengan menunjukkan dua simbol yakni persatuan.

Makanya dilaksanakan Apel Wihdatul Ummah yakni apel kebersamaan semoga Allah mencatatkan Sukabumi kondusif. Warganya senantiasa bersatu padu menjaga satu dengan lain.

Yang kedua ungkap Fahmi, hari ini tunjukkan semangat melakukan perubahan menjadi warga yang semakin taat kepada Allah dan warga semakin cinta kepada kota dan meninggalkan caci maki, iri dan dengki. Sebab warganya saling menasehati satu dengan lain.

'' InsyaAllah mari bersama-sama bangun Sukabumi kita dengan kebersamaan,'' imbuh Fahmi. Ia mengucapkan terimakasih kepada MUI, alim ulama, dan tokoh agama yang selalu menjaga Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera.

Unsur Forkopimda kata Fahmi mengucapkan selamat tahun baru Muharaam 1444 H semoga Allah menjaga semua.

Ketua MUI Kota Sukabumi KH Aab Abdulloh mengatakan, acara ini sebagai bentuk syiar Islam dalam menyambut tahun baru Islam. Di mana pawai diikuti sekitar 118 mobil hias.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement