Ahad 31 Jul 2022 06:34 WIB

Ini yang Terjadi Terhadap Alam Ketika Seseorang Beristighfar Minta Ampunan Allah SWT

Istighfar atau meminta ampunan mempunyai banyak keutamaan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi meminta ampunan atau istighfar. Istighfar atau meminta ampunan mempunyai banyak keutamaan
Foto: AP/Amr Nabil
Ilustrasi meminta ampunan atau istighfar. Istighfar atau meminta ampunan mempunyai banyak keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Orang yang senantiasa beristighfar dan merasa memiliki dosa, Allah SWT amat menyukainya.

Bukan saja Allah SWT, melainkan bahkan alam semesta ikut senang dan kemudian bergerak memberikan kebaikan-kebaikan kepada orang yang beristighfar. 

Baca Juga

Pakar Ilmu Alquran, KH Ahsin Sakho, menjelaskan yang terpenting saat seseorang membaca istighfar itu adalah senantiasa dia merasakan bahwa dirinya adalah hamba Allah SWT yang benar-benar berdosa sehingga nanti Allah SWT akan membuka pintu-Nya dan mengampuni dosa-dosanya. 

“Jika seandainya dosamu itu sampai ke mega langit, dan kamu meminta ampunan pada Allah SWT, Dia pasti akan terbuka mengampuni dosa-dosa hamba-Nya,” kata Kiai Ahsin dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center, Ahad (31/7/2022) bakda Subuh. 

Kiai Ahsin menjelaskan, terdapat  puluhan cara agar manusia bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT sehingga tidak diperkenankan bagi umat Islam untuk berlaku pesimistis, dan tidak diperkenankan pula bagi manusia untuk menganggap dirinya tidak mempunyai dosa.

Seharusnya dalam keadaan appaun, kata Kiai Ahsin, umat Islam senantiasa mengingat Allah dan beristighfar.

Bahkan dalam hal ini menurutnya, Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk senantiasa beristighfar. Sebab Allah SWT telah berjanji bagi mereka yang beristighfar: 

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا “Wa qultustgahfiru Rabbakum, innahu kaana ghaffara.”   

Yang artinya: “Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Mahapengampun.”  

Bahkan tak hanya itu, menurut Kiai Ahsin, semua alam semesta itu akan merasa senang jika ada orang yang beristighfar kepada Allah SWT sehingga aalam itu akan bergerak memberikan kebaikan kepada orang yang senantiasa beristighar. 

Jika orang tersebut mendapat kesusahan, dianjurkan baginya untuk beristighfar. “Dan pintu langit akan terbuka akan menurunkan rahmat Allah, anugerah, dengan banyaknya harta. Bagaimana caranya? Pertama SWT, Allah menurunkan hujan, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, tumbuhan akan mengeluarkan padi-padian atau buah-buahan, kalau masyarakat sudah diberikan makanan dan minumannya, dia akan segar dan mencari pasangannya lalu mendapatkan keturunan. Urutannya seperti itu,” ujarnya.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement