Ahad 31 Jul 2022 22:56 WIB

Verstappen Juara GP Hungaria, Duo Mercedes Naik Podium Lagi

Max Verstappen meraih kemenangan ketujuhnya musim ini di Grand Prix Hungaria.

Red: Agung Sasongko
Red Bull Racing Max Verstappen dari Belanda.
Foto: Jacques Boissinot/The Canadian Press via AP
Red Bull Racing Max Verstappen dari Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebalap Red Bull Max Verstappen meraih kemenangan ketujuhnya musim ini di Grand Prix Hungaria yang semakin memantapkan posisinya sebagai pemuncak klasemen menuju jeda musim panas.Verstappen mengawali balapan seri ke-13 itu dari P10, setelah mengalami masalah mesin saat kualifikasi, dan melewati rival-rivalnya setelah 70 putaran di Sirkuit Hungaroring, Budapest.

Duet Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell kembali naik ke podium untuk kedua kalinya secara bersamaan setelah GP Prancis setelah mempecundangi Ferrari yang gagal mewujudkan ambisinya finis 1-2 di Hungaria.Lewis Hamilton mengamankan posisi podium setelah menyalip Carlos Sainz delapan lap terakhir jelang finis.

Baca Juga

Sang pebalap Inggris memperbaiki posisinya, berbekal ban soft yang lebih kencang, setelah menyalip rekan senegara dan satu timnya, Russell demi posisi runner-up.Tiga lap jelang finis mobil Alfa Romeo Valtteri Bottas mogok di lintasan yang memaksa balapan berakhir dalam periode virtual safety car.

"Saya berharap dapat mendekati podium, tapi kami memiliki strategi yang sangat baik, kami sangat-sangat reaktif," kata Verstappen dikutip laman resmi F1.

"Bahkan dengan (spin/berputar) 360 (derajat), kami memenangi balapan. Saya menjalani pertarungan dengan banyak pebalap, sangat menyenangkan di luar sana. Balapan yang gila, sangat senang kami bisa menang."Berkat kemenangan itu, Verstappen kini mengantongi keunggulan 80 dari Leclerc dan 85 dari Sergio Perez sebelum balapan dilanjutkan di Belgia pada 28 Agustus nanti.

Sejatinya, Russell tampil sebagai favorit menyusul penampilan mengejutkan di kualifikasi yang berbuah pole position perdana bagi sang pebalap Inggris.Sang pebalap Mercedes mengawali stint pertamanya dengan ban soft sebelum berganti medium dan tampil dominan di paruh pertama lomba.Leclerc, yang diuntungkan strategi overcut untuk kembali ke trek di depan Sainz, mendapat perlawanan sengit dari Russell yang tampil defensif demi mempertahankan posisi pimpinan lomba.

Setelah sekitar tiga putaran mencari celah, Leclerc mendapatkan kesempatannya di lap ke-31 untuk posisi terdepan dan meninggalkan lawan-lawannya.Sembilan putaran berselang, Ferrari memanggil Leclerc untuk pitstop dan berganti ban hard. Russell pun ke pitstop namun berganti ke medium.

Namun tak disangka-sangka dari belakang, Verstappen, yang mengalami masalah mesin saat kualifikasi, mampu merangsek ke P2 setelah melewati Leclerc dan Russell, meski sempat melakukan kesalahan langka dengan spin di lintasan.Sang pemuncak klasemen kemudian mewarisi posisi pimpinan lomba ketika Hamilton menjalani pitstop keduanya di lap ke-52.Leclerc kembali apes, dalam hal strategi, ketika ban hardnya tak cukup cepat membawa Ferrari ke depan sehingga ia kehilangan posisinya setelah disalip Russell.

Sang pebalap Monako terpaksa finis P6 setelah harus melakukan pitstop untuk ketiga kalinya, sedangkan Sainz finis P4 di depan mobil Red Bull Sergio Perez.Lando Norris mencuri poin untuk McLaren di P7, mengalahkan duet Alpine Fernando Alonso dan Esteban Ocon.Sebastian Vettel, yang memutuskan akan pensiun di akhir musim, membawa pulang satu poin bagi Aston Martin di P10.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement