Selasa 02 Aug 2022 02:32 WIB

Trik Ampuh Nirina Zubir Agar Anak Mau Makan Buah

Nirina selalu berusaha menjadikan makan buah sebagai gaya hidup yang menyenangkan.

Red: Qommarria Rostanti
Nirina Zubir (paling kiri) memiliki trik ampuh mengajak anak-anaknya makan buah. (ilustrasi)
Foto: Republika/Farah Noersativa
Nirina Zubir (paling kiri) memiliki trik ampuh mengajak anak-anaknya makan buah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Nirina Zubir memiliki trik sendiri dalam mengajak anak-anaknya agar mau makan buah setiap hari demi menjaga asupan gizi yang seimbang. Nirina menjadikan makan buah sebagai gaya hidup.

"Aku memberikan contoh untuk anak-anakku, aku makan buah depan mereka," kata Nirina saat bertemu media di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Baca Juga

"Terus anak sekarang kan udah kayak orang kantoran, pagi-pagi udah di depan komputer dan ada minuman. Kalau orang dewasa minumannya kopi, mereka aku kasih jus buah," ujarnya.

Selain itu, dia selalu berusaha menjadikan makan buah sebagai gaya hidup yang menyenangkan. Misalnya, memperkenalkan mereka dengan buah-buahan yang jarang ditemui seperti kesemek, delima, hingga jeruk bali.

Saat memperkenalkan buah-buahan tersebut, Nirina juga kerap mengajari anak-anaknya cara mengupas buah hingga membuat mainan dari kulit buah. "Aku menjadikan itu sebagai hal seru. Delima cara bukanya gimana ya, jeruk bali juga kulitnya dijadiin helm dipakai ke kepala anakku terus mereka 'Oh ini namanya jeruk bali'," ujar Nirina.

Nirina juga selalu mengajak anak-anaknya belanja buah-buahan lalu bermain tebak-tebakan dari mulai nama buah hingga rasanya."Nanti di tukang buah main tebak-tebakan. Lucu kadang sedih juga karena banyak buah yang mereka enggak tahu. Tapi ini bikin rasa penasaran mereka naik kayak 'Itu rasanya gimana, kalau aku enggak suka gimana', aku bilang 'Enggak apa-apa, yang penting kita coba dulu'," kata Nirina.

Nirinaselalu berkreasi mulai dari membuat jus yang terbuat dari kombinasi buah tertentu misalnya jambu dan jeruk, hingga membuat makanan dari buah-buahan. "Misalnya banana smoothie, atau alpukat aku taruh di toast," ujar Nirina.

"Sekarang Alhamdulillah anak enggak perlu dipaksa lagi. Mereka lihat aku makan buah dan menikmatinya, mereka juga ikut makan dan aku pokoknya mencoba makan buah itu tiga porsi sehari," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement