Selasa 02 Aug 2022 06:12 WIB

BWA Resmikan Wakaf Sarana Air Bersih Ke-39 di Cibelendung Garut

Air bersih dialirkan ke rumah warga, pesantren, masjid dan mushala.

Red: Irwan Kelana
BWA meresmikan wakaf sarana air bersih Cibelendung Garut, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022). Ini merupakan walaf sarana air bersih ke-39 yang disalurkan oleh  BWA.
Foto: Dok BWA
BWA meresmikan wakaf sarana air bersih Cibelendung Garut, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022). Ini merupakan walaf sarana air bersih ke-39 yang disalurkan oleh BWA.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Mengawali Tahun Baru Hijriah 1444 H, Badan Wakaf Alquran (BWA) bersama masyarakat Dusun Cibelendung, Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug,  Kabupaten Garut, Jawa Barat meresmikan wakaf sarana air bersih, Sabtu (30/7/2022).  Ini merupakan walaf sarana air bersih ke-39 yang disalurkan oleh  BWA.

Masyarakat Cibelendung bersuka cita atas adanya wakaf sarana air bersih ini karena sebelumnya masyarakat harus mengantre aer bersih akibat pasokannya sangat minim, apalagi di musim kemarau.

Sudah 2 tahun ini sejak 2020, BWA bersama para wakif, masyarakat dan perangkat desa setempat bahu-membahu mengupayakan air dan jaringannya sampai ke rumah rumah masyarakat. Kini sarana air bersih sudah dapat diwujudkan, sumber air dan jaringan sudah berdiri dan terpasang, dua bak sumber serta pipa HDPE 50 mm sepanjang 3.1 km, pipa HDPE 40 mm sepanjang 600 m, bak beton di RW 09 dan di RW 15, juga pipa PVC sepanjang 2800 m, jaringan tersebut sudah terpasang sampai ke rumah masyarakat Cibelendung.

Turut hadir dalam peresmian program WAFP (Water Action For People) Heru Binawan selaku CEO BWA. “Dengan mengalirnya air semoga mengalir pula pahala kepada para wakif sekalian.  Rasulullah menegaskan dalam satu riwayat bahwa sedekah terbaik adalah sedekah air,” kata Heru Binawan dalam sambutannya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (1/8/2022). 

Di samping itu, hadir pula Sokhi Bukhori selaku Kasie Kesra Kecamatan Cigedug.  Dalam sambutannya, ia mengemukakan, “Banyak terima kasih yang sangat dalam atas perhatian BWA di tengah masyarakat kami yang kesulitan air bersih.  Biasanya kecamatan memberikan bantuan air bersih jika ada kemarau namun pasti tidak mencukupi untuk semua warga.”

Ustad Aam Ridwan, tokoh masayarakat yang mewakili masyarakat Cibelendung mengatakan,  “Alhamdulillah setelah bertahun-tahun kami kesulitan air bersih. Kini, sejak ada wakaf sarana air bersih ini masyarakat tidak harus antre untuk mendapatkan air bersih. Bahkan air bersih sampai ke dalam rumah, ini sangat meringankan beban masyarakat yang tadinya harus antre, mengangkat air sampai ke rumah berulang ulang.”

“Wakaf sarana air bersih ini sudah bisa dinikmati oleh ribuan masyarakat Cibelendung yang meliputi 330 rumah, 1 pondok pesantren, 2 masjid dan 6 mushalla” ujar Babeh Hazairin, Chief pf Network BWA.

Pada acara peresmian ini, BWA juga menyalurkan bantuan kepada 19 anak-anak yatim untuk keperluan sekolah mereka yang dihimpun oleh program Indonesia Belajar BWA. “Tentunya ini terwujud atas bantuan para wakif dan masyarakat yang sudah berperan aktif dalam proses pengadaan wakaf ini. Semoga Allah SWT memberikan pahala terbaik dan jariyah untuk semua yang terlibat dalam mengadakan adanya air bersih di Dusun ini. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin,” ujar Hazairin.

Ia menambahkan, untuk mengetahui lebih detail kegiatan BWA, bisa mengunjungi www.bwa.id dan www.wakafquran.org.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement