Selasa 02 Aug 2022 17:29 WIB

Masjid dan Kuil Hindu di India Gotong Royong Galang Dana Bantu Penderita Kanker

Masjid dan Kuil di Malappuram Kerala India memiliki hubungan baik sejak lama

Rep: Mabruroh, Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera India (Ilustrasi). Masjid dan Kuil di Malappuram Kerala India memiliki hubungan baik sejak lama
Foto: IST
Bendera India (Ilustrasi). Masjid dan Kuil di Malappuram Kerala India memiliki hubungan baik sejak lama

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Sebuah masjid dan dua kuil di distrik Malappuram Kerala bergotong-royong membantu biaya pengobatan seorang gadis remaja yang terkena kanker. Apa yang dilakukan para imam ini merupakan contoh bagaimana umat manusia dapat bersatu mengatasi hambatan buatan manusia. 

 

Baca Juga

Bersama-sama, kuil dan masjid mengumpulkan Rs 1,48 crore (sekitar Rp 2 miliar lebih) hanya dalam beberapa hari, dengan orang-orang di seluruh distrik dan di tempat lain di negara bagian berkontribusi. Uang itu tidak hanya akan membantu pasien kanker Hanna (18) tetapi mereka yang menderita sakit lainnya. 

 

Masjid Alukkal Juma, Kuil Kuttipurathukavu Bhagavathy, dan Kuil Narasimha Moorthy telah hidup berdampingan selama beberapa dekade hanya berjarak seratus meter dari satu sama lain di desa Kottakkal. 

 

“Sekitar 10 hari yang lalu, kami memberi tahu komite kuil tentang nasib Syedalavi (pengemudi becak dan ayah Hanna) yang sama sekali tidak memiliki sarana untuk memberikan perawatan medis untuk putrinya,” kata imam masjid, Ismail Baqavi Kottakkal dilansir dari The Telegraph pada Selasa (2/8/2022). 

 

“Kedua komite bait suci segera menawarkan untuk membantu keluarga itu, ini memberikan contoh yang bagus tentang keharmonisan dan persaudaraan komunal,” jelasnya. 

 

Kuil-kuil itu mengumpulkan 50 ribu Rupe dan 27 ribu Rupe dari pundi-pundi mereka sendiri, membentuk komite bersama dengan otoritas masjid, dan mengeluarkan permohonan dana untuk Hanna di berbagai platform media sosial. 

 

Dari uang yang terkumpul sejauh ini, dengan sumbangan dari anggota semua komunitas, Rs 70 lakh telah dialokasikan untuk Hanna yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit swasta di Kozhikode yang bertetangga.

Baca juga: Jawaban Prof Jimly Ini Perkuat Argumentasi Mengapa Hukum Islam Harus Didukung Negara

Rs 78 lakh yang tersisa didistribusikan pada Senin (1/8/2022) di antara lebih dari 60 penerima manfaat, 12 dari desa dan sisanya dari seluruh negara bagian diidentifikasi dengan bantuan dari organisasi masyarakat sipil. 

 

“Penerima manfaat dari sumbangan uang yang kami berikan hari ini juga dipilih tanpa memandang agama atau kasta mereka,” kata wakil ketua Kuil Bhagavathy, Arumukan Naduvathu. 

 

Seorang anggota CPM, Arumukan mengatakan anggota Partai Kiri, Kongres, Liga Muslim Uni India dan BJP berkumpul untuk menyumbangkan uang dan membuat hal ini terwujud.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement