Rabu 03 Aug 2022 16:14 WIB

Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Tambahan dari dan ke Manado

Penerbangan tambahan tersebut akan dioperasikan selama periode 3-15 Agustus 2022.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat Garuda Indonesia (ilustrasi)
Foto: Reuters
Pesawat Garuda Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus mengoptimalkan peranannya dalam mendukung pengembangan pariwisata nasional sebagai kontribusi terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional yang juga terus dilaksanakan Pemerintah. Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan melalui pengoperasian sedikitnya 12 penerbangan tambahan dari dan ke Manado sebagai bentuk dukungan terhadap pariwisata Sulawesi Utara, khususnya penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival 2022 pada 8-14 Agustus 2022. 

“Kedua belas penerbangan tersebut akan dioperasikan selama periode 3-15 Agustus 2022 yaitu pada hari Rabu (3 dan 10 Agustus), Sabtu (6 dan 13 Agustus), serta Senin (8 dan 15 Agustus),” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (3/8/2022). 

Baca Juga

Irfan memastikan penerbangan tambahan tersebut akan dilayani dengan armada Boeing 737-800 NG yang memiliki kapasitas 162 penumpang. Seluruh penerbangan tambahan tersebut akan melengkapi penerbangan reguler Jakarta – Manado (GA600) dan Manado -Jakarta (GA601) yang dilayani satu kali setiap harinya.

Khusus hari Rabu, lanjut Irfan, penerbangan Jakarta-Manado GA6064 akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta pukul 09.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado pukul 13.25 WITA. Selanjutnya, pesawat akan diterbangkan kembali dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado (GA6074) pukul 14.10 WITA dan mendarat di Jakarta pukul 16.20 WIB.

Sementara itu, penerbangan tambahan pada hari Senin dan Sabtu akan diberangkatkan dengan GA6064 pada sekitar pukul 09.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado pada pukul 13.25 WITA. Kemudian, pukul 14.10 WITA, penerbangan Manado - Jakarta akan diberangkatkan dengan GA607 dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 16.20 WIB.

Irfan menilai pengoperasian penerbangan tambahan tersebut tidak hanya memiliki nilai penting bagi Garuda dalam menjalankan mandatnya sebagai national flag carrier untuk menjadi penghubung Nusantara. Hal tersebut juga merupakan wujud kontribusi Garuda terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional pascapandemi, khususnya melalui sektor pariwisata. 

Dia mengharapkan inisiatif tersebut juga secara berkesinambungan dapat memulihkan animo dan kepercayaan masyarakat. Khususnya terhadap moda transportasi udara yang mulai menunjukkan peningkatan signifikan dalam beberapa waktu terakhir. 

“Kami berharap kiranya inisiatif Garuda Indonesia ini tidak hanya dapat menjawab kebutuhan wisatawan yang ingin menyaksikan festival bunga di Tomohon, namun juga ke depannya dapat meningkatkan daya tarik wisata dari Tomohon dan dapat berkontribusi positif terhadap geliat pariwisata kita serta menjadi akselerator bagi pulihnya ekonomi daerah dan nasional,” ungkap Irfan.

Irfan memahami diperlukan sinergi dengan berbagai pihak untuk mendukung akselerasi pemulihan ekosistem pariwisata. Dengan keterlibatan aktif dan sinergi berbagai pihak, dia mengharapkan potensi Tomohon dan berbagai daerah lainnya di Indonesia akan mampu menghasilkan lebih banyak nilai tambah bagi perkembangan serta kemajuan pariwisata dan ekonomi nasional. 

“Ini selaras dengan pulihnya confidence masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan,” ujar Irfan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement