Rabu 03 Aug 2022 18:24 WIB

Inilah Platform eCommerce yang Paling Dipercaya Pengusaha UMKM

Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler

Red: Hiru Muhammad
 Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id.  Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Jakarta, Rabu (15/6/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id. Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id. 

Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan bahwa platform eCommerce yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka, secara berturut-turut adalah Tokopedia (76 persen), Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli (14 persen). 

Baca Juga

Melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data.

Hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69 persen), Shopee (62 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (9 persen), dan Blibli (4 persen).

Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (6 persen). Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), Bukalapak (2 persen), dan Blibli (0 persen).

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel terus berupaya membuka peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat. Riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku eCommerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar." kata Alfian.

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70 persen), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68 persen), layanan pusat resolusi yang baik (66 persen), fasilitas logistik yang memuaskan (70 persen), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70 persen), serta sistem pembayaran yang lengkap (73 persen).

Riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel. 

Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60 persen, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30 persen, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10 persen.

Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60 persen responden merupakan laki-laki dan 40 persen adalah perempuan.

tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi Data Solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas. 

Kapabilitas platform tSurvey.id diperkaya dengan data insight telco dari lebih dari 170 juta pelanggan sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survey yang user friendly. tSurvey.id dapat membantu pelaku riset untuk menangkap berbagai insight dari pelanggan se-Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat.

"Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform. 

Ke depannya, Telkomsel akan terus mengakselerasi pengembangan inovasi dan teknologi terdepan, serta membuka lebih banyak peluang kemajuan di industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data melalui tSurvey.id," ujar Alfian.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement