Rabu 03 Aug 2022 23:13 WIB

Ekspektasi Kepadanya di Chelsea Tinggi, Kapten Timnas Senegal Pilih Merendah

Koulibaly merasa membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Chelsea Kalidou Koulibaly saat masih membela Napoli.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pemain Chelsea Kalidou Koulibaly saat masih membela Napoli.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bek tengah asal Senegal, Kalidou Koulibaly, resmi meninggalkan Napoli dan hijrah ke Chelsea pada jendela transfer musim panas kali ini. Perekrutan Koulibaly merupakan respon The Blues usai kehilangan dua bek tengah sekaligus dengan status free transfer

Antonio Rudiger dan Andreas Christensen mengakhiri kiprah bersama The Blues seiring habisnya kontrak pada akhir Juni silam. Kepergian dua pemain itu tentu meninggalkan ruang di jantung pertahanan klub asal London Barat tersebut. 

Baca Juga

Chelsea pun mengisi ruang itu dengan mendatangkan Koulibaly. Bek tengan berusia 31 tahun itu didatangkan The Blues dengan banderol dikabarkan mencapai 40 juta euro. Koulibaly langsung diikat dengan durasi kontrak selama empat tahun bersama The Blues. 

Kehadiran Koulibaly di The Blues pun diiringi berbagai ekpektasi. Mantan bek tengah Metz ini  diharapkan bisa menggantikan peran Rudiger di jantung pertahanan, seraya menjadi tandem yang tepat buat Thiago Silva. Kendati begitu, Koulibaly tidak mau memberikan janji muluk-muluk soal kontribusi terhadap performa lini belakang The Blues pada musim debutnya merumput di Liga Primer Inggris. 

Kapten Timnas Senegal saat mengangkat trofi Piala Afrika 2021 itu mengaku masih membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan gaya permainan Chelsea dan ketatnya persaingan di Liga Primer Inggris. Setidaknya, Koulibaly membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan untuk bisa memenuhi ekpektasi tersebut. 

''Saya tahu, saya butuh waktu. Saya tidak bisa langsung menjadi pemain yang diingingkan semua orang hanya dalam satu laga. Saya membutuhkan waktu. Dalam dua atau tiga bulan mendatang, saya mungkin baru bisa menjadi pemain tersebut (yang sesuai dengan ekpektasi),'' ujar Koulibaly seperti dilansir BBC Sport International, Rabu (3/8/2022). 

Mencoba tampil maksimal di setiap laga menjadi satu-satunya target Koulibaly dalam masa adaptasi tersebut. ''Saya bersiap untuk membantu tim. Apabila pelatih memberi kepercayaan tampil dari menit pertama, maka saya akan memberikan segalanya untuk tim dan suporter,'' kata pemain yang telah delapan musim membela Napoli tersebut. 

Sejak menginjakan kaki di Eropa dan memulai karier profesional di Prancis, Koulibaly diketahui pernah merumput di Liga Prancis, Liga Belgia, dan Liga Italia. Sebagian besar kariernya hingga saat ini dihabiskan Koulibaly di pentas Serie A. Selama delapan musim membela I Partenopei, Koulibaly berhasil mengantarkan klub asal Italia Selatan itu satu trofi Coppa Italia.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement